Inovasi dan Nilai Transformasi Digital menjadi Tema IKF VII

Komisaris Independen BCA Cyrillus Harinowo
Sumber :

VIVA – Menyadari pentingnya transformasi digital saat ini, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus berupaya dalam meningkatkan kualitas dalam pelayanan perbankan melalui inovasi teknologi. Hal ini diimplementasikan salah satunya dengan memberikan dukungan pengembangan inovasi dan kreativitas berbasis digital yang diinisiasi melalui gelaran event Indonesia Knowledge Forum (IKF) VII mengulas tema utama ‘Fostering Innovation and Creating Value Through Digital Transformation’.

Dalam forum Kafe BCA 9 yang diadakan di Breakout Area Menara BCA pada akhir September silam, Komisaris Independen BCA Cyrillus Harinowo mengungkapkan perkembangan teknologi dan era digitalisasi mendorong sektor ekonomi untuk siap beradaptasi, termasuk industri perbankan. Masyarakat yang tersebar di 17 ribu pulau di Indonesia berkesempatan untuk mengakses ekonomi digital secara merata. Sehingga, ekonomi digital berpotensi untuk terus bertumbuh di Indonesia.

Turut hadir dalam forum Kafe BCA 9 sebagai pembicara, Executive Vice President Learning and Development BCA Lena Setiawati, Pakar Teknologi Informasi Onno W. Purbo, dan Head of Jakarta Smart City, Jakarta Provincial Government Setiaji.

“Transformasi digital yang belakangan dianut oleh perusahaan-perusahaan besar, juga turut menggairahkan generasi millennials untuk berpacu dan berlomba dalam ide, inisiatif, inovasi, dan kreativitas untuk memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini untuk menjadi entrepreneur. Dengan motivasi ini, BCA menggelar IKF VII untuk memicu tumbuhnya kreativitas dan inovasi melalui transformasi digital secara berkesinambungan demi tercapainya Indonesia sebagai negara maju,” ujar Lena Setiawati.

Cyrillus menuturkan, dari sisi perbankan, BCA menyadari bahwa inovasi berbasis teknologi mampu menjawab kebutuhan masyarakat melalui layanan keuangan yang mudah, cepat sekaligus murah. Oleh karena itu, kami senantiasa melakukan berbagai inovasi dalam rangka meluncurkan berbagai solusi maupun layanan perbankan berbasis digital yang memberikan kemudahan pelayanan dan transaksi kepada nasabah.

Seiring dengan kebiasaan generasi muda di berbagai platform aplikasi chatting, BCA memiliki VIRA, Virtual Assistant di layanan Chat Banking BCA yang dapat diakses melalui beberapa aplikasi chat popular; Facebook Messenger, LINE, Kaskus Chat, dan Google Assistant. VIRA dapat membantu mengetahui informasi dan promosi seputar BCA kepada pengguna aplikasi chat dan dapat diakses kapan pun dan di mana pun untuk mengetahui informasi ataupun ragam promosi BCA.

“Dalam pelaksanaan Pesta Akbar Pengetahuan tahunan ini diharapkan menjadi One Stop Knowledge Solution ini, BCA akan menghadirkan serangkaian ekspo dan eksibisi yang diikuti oleh eksibitor penyedia pengetahuan dan teknologi terpilih, sehingga masyarakat lebih aware dengan perkembangan teknologi saat ini. Pada akhirnya dapat memberikan sumbangsih untuk perkembangan teknologi yang mutakhir di Indonesia,” ujar Cyrillus.

IKF VII yang diselenggarakan pada 9-10 Oktober 2018 di The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta ini direncanakan Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan hadir sebagai keynote speaker. Selama dua hari, sebanyak kurang lebih 17 pembicara yang kompeten di bidangnya akan turut berpartisipasi untuk berbagi ilmu, pengalaman serta inspirasi dalam mengembangkan dunia bisnis berbasis digital. Di antaranya Setiaji Jakarta Smart City, Handry Satriago GE Indonesia, Noni Purnomo Blue Bird, Eunice Sari UX Indonesia, Bill Zeng CISCO, Husein Samy IBM Indonesia, dan Agus Nurudin Nielsen.

Pendaftaran dapat dilakukan via www.bcalearningservice.com. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi BCA Learning Service 021 2556 3000 ext. 35612 / 35611 / 35607 / 35679 atau melalui email bca_learningservice@bca.co.id.