Lepas Bantuan 10 Truk ke Sulteng, Megawati Ingatkan Tanggap Bencana

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri melepas 10 truk bantuan untuk korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Sebelum pelepasan bantuan, Megawati mengingatkan masyarakat belajar tanggap terhadap bencana.  

"Anak-anak harus disadarkan mereka tumbuh di wilayah yang rawan gunung berapi dan gempa," kata Megawati di DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Senin 8 Oktober 2018.

Menurut dia, masyarakat tidak boleh pasrah menunggu datangnya bencana. Sistem peringatan dini dan tanggap bencana harus dibangun sebagai sebuah kesadaran.

"Semua mengatakan dari Allah ya betul. Kita manusia diberi pikiran, sehingga harus cari cara bagaimana mengantisipasi. Makanya harus ada early warning system," tutur Megawati.

Megawati menambahkan, sistem peringatan dini memang penting, tapi masyarakat agar tidak hanya mengandalkan teknologi. Namun, bisa belajar dari kearifan lokal dan kondisi lingkungan.

"Ketika akan bencana di Aceh, burung-burung laut pergi ke darat. Itu indikasi, binatang nalurinya lebih kuat. Enggak mesti pakai teknologi, pakai saja kearifan lokal, misal pakai kentongan," jelasnya.

Kemudian, Megawati menyampaikan, dirinya telah menyampaikan pemikirannya terkait upaya membuat peringatan dini kepada Presiden Joko Widodo. Menurutnya, Indonesia merupakan negara dengan kerawanan gempa yang tinggi.

"Pak Jokowi sangat mengerti maksud saya akan tanggap darurat bencana," katanya.

Jumlah korban meninggal dunia akibat bencana alam gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah, terus bertambah. Hingga Senin, 8 Oktober 2018, jumlah korban meninggal dunia tercatat 1.948 orang.