Tak Dapat Bantuan Gempa Lombok, Pria Ini Bangun Rumah Terbalik

Sukarno, warga lombok bangun rumah terbalik karena tidak dapat bantuan gempa/
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gempa berkekuatan 7,0 magnitudo telah tiga bulan melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat. Namun, belum semua warga mendapatkan bantuan pemerintah.

Sukarno, salah satu korban gempa yang tidak mendapatkan bantuan. Padahal, rumah miliknya telah hancur.

Melampiaskan kekesalannya akibat tak kunjung mendapat bantuan, Sukarno membangun kembali rumah miliknya dengan dana pribadi. 

Uniknya, rumah yang dibangun dengan model terbalik. Terlihat atap rumah menghadap ke bawah bersatu dengan tanah, sementara pintunya justru berada di atas. Bahkan untuk menuju pintu rumah, dia menggunakan tangga.

Warga Desa Bug-Bug, Lombok Barat ini mengaku namanya tidak terdaftar dalam calon penerima bantuan rehabilitasi rumah.

"Nama saya tidak masuk daftar, ingin protes juga karena ada rasa ketidakadilan. Verifikasi tidak masuk, itu yang saya sesalkan," katanya, Selasa, 16 Oktober 2018.

Dia menyebut nama rumah tersebut adalah rumah sujud, sebagai tanda kebesaran Sang Khalik. "Ya sengaja model seperti ini, kami sebut rumah sujud, karena posisi rumah seperti sedang bersujud," ucapnya.

Pria yang berprofesi sebagai perawat di Puskesmas desa ini, mengaku bersama rekannya sesama pendaki Rinjani membersihkan puing reruntuhan rumah itu. Kemudian secara swadaya dia membangun kembali rumahnya.