Menag: Semua Agama Menolak LGBT

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

VIVA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan klarifikasi terkait beredarnya video yang berisi potongan soal informasi bahwa dirinya mendukung lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT). Lukman menjelaskan, yang pertama bahwa tindakan atau perilaku LGBT merupakan tindakan yang menyimpang menurut ajaran agama.

"Semua agama menolaknya. Dan karenanya saya pun menolak tindakan atau perilaku LGBT," ujar Lukman Hakim dalam video pendek di laman akun Twitter @Kemenang_RI, Rabu, 17 Oktober 2018.

Yang kedua, justru karena menolak tindakan yang menyimpang itu dan agar tindakan atau perilaku itu tidak semakin meluas di tengah tengah masyarakat.

Maka, menurut dia, kewajiban setiap umat beragama para pemuka agama untuk memberikan pendampingan, memberikan bimbingan, pembinaan kepada mereka semua secara empatik.

Hal ini dilakukan  agar mereka yang melakukan tindakan menyimpang tersebut karena satu dan lain hal itu tidak lagi melakukannya.

"Pendekatan empatik ini diperlukan dan kita harus menghindarkan dari perilaku menghina mereka, menista mereka mengucilkan mereka bahkan merendahkan dan menghilangkan eksistensi kemanusiaan mereka," ujarnya.