Ada 9 Menteri Perempuan di Kabinet Kerja, Jokowi: Bu Susi Galak, Nekat

Presiden Joko Widodo membuka The International Young Muslim
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat

VIVA – Presiden Joko Widodo membuka The International Young Muslim Women Forum, Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) di Arya Duta Hotel, Jakarta, Rabu, 24 Oktober 2018.

Di hadapan ratusan perempuan, Presiden Jokowi menyebutkan pemerintahannya yang diisi oleh banyak perempuan. "Menteri di kabinet yang biasanya tiga atau empat, setelah saya dilantik ada 9 perempuan," kata Jokowi dalam sambutannya. 

Para menterinya itu memiliki karakter yang berbeda beda. Ada yang lemah lembut, seperti Menteri Kesehatan Nila F Moeloek. Namun, ada yang sebaliknya, galak dan tegas. 

"Ada juga yang galak, agresif, ada bu Menteri Kelautan dan Perikanan Bu Susi. Galak, nekat sudah ada 334 kapal yang ditenggelamkan dan enggak ada yang protes takut semua," ujar Jokowi.

Ada juga, menurut Jokowi, menteri perempuan yang tidak gampang menyerah. Apalagi dalam urusan diplomasi dengan negara-negara lain. Bisa tegas dan lemah lembut. 

"Ada juga menteri yang pantang menyerah dalam setiap dialog internasional tidak pernah mundur, bu menlu, Bu Retno Marsudi. Kadang galak bisa lembut tapi disuruh mundur enggak mau," kata Jokowi. 

Ia mengaku sangat percaya dan menaruh rasa kepercayaan terhadap peran-peran dari perempuan Indonesia sehingga kursi menteri di kabinet banyak dipercayakan kepada mereka.