Eks Wakil PM Malaysia Akan Dianugerahi Doktor Kehormatan di Padang

Anwar Ibrahim
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA – Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim akan dianugerahi gelar doktor kehormatan atau honoris causa oleh Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, pada 29 Oktober 2018.

Anwar dijadwalkan tiba di Padang pada 27 Oktober 2018. Sebelum menerima gelar honoris causa, Anwar lebih dahulu menghadiri peringatan Hari Sumpah Pemuda dan berdiskusi dengan para pemimpin perguruan tinggi se-Sumatera Barat di Padang.

Menurut Rektor Universitas Negeri Padang, Ganefri, penganugerahan gelar doktor kehormatan kepada Anwar Ibrahim karena bekas pemimpin oposisi Malaysia itu berperan mempererat hubungan Indonesia dengan Malaysia melalui Sumatera Barat.

Ganefri menjelaskan, sebelum menetapkan nama penerima gelar doktor kehormatan, otoritas kampus berdiskusi terbatas dengan tokoh perantau Minang, Fahmi Idris, tentang kesediaannya sebagai promotor eksternal penganugerahan gelar doktor untuk Anwar Ibrahim.

Setelah disepakati, pimpinan universitas dan Senat pada 15 Agustus menemui Anwar Ibrahim di rumahnya di Kuala Lumpur, Malaysia. Rencana pemberian gelar kehormatan pun disampaikan. Hasil dari pertemuan itu, disepakati bahwa Anwar Ibrahim bersedia datang ke Padang pada 27 Oktober 2018. (ase)