Sebut Menterinya Galak, Jokowi Tampilkan Meme Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menlu Retno Marsudi. Dua menteri perempuan di kabinet Jokowi.
Sumber :
  • VIVA/Dinia Adrianjara

VIVA – Saat membuka Kongres XX - 2018 Wanita Katolik Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo kembali menyinggung para menterinya yang banyak diisi perempuan. 

Jokowi mengatakan, biasanya di kabinet hanya 3-4 perempuan. Tapi di kabinetnya, ada delapan perempuan yang menjadi menteri. Satu orang mundur yakni Khofifah Indar Parawansa karena terpilih sebagai gubernur Jawa Timur. 

Dari delapan menteri perempuannya itu, Jokowi menjelaskan bahwa karakter mereka berbeda beda.  "Ada yang halus, seperti Bu Yohanna (Yohana Yambise) ini halus, Bu Nila Moeloek halus," kata Jokowi, di Kemayoran Jakarta Pusat, Selasa 30 Oktober 2018.

Tidak hanya yang lembut, kabinet perempuan Jokowi-JK, juga punya stok menteri yang keras.  "Ada yang galak juga, Bu Susi (Susi Pudjiastuti)," kata Jokowi. 

Tidak hanya menyebut Menteri Kelautan dan Perikanan itu galak, bahkan Jokowi menampilkan juga berbagai foto atau kolase, berupa meme Susi. Foto Susi berkacamata hitam dengan baground kapal yang diledakkan dan ditambah tulisan 'Tenggelamkan',  membuat suasana riuh. 

"Ini paling galak, ini," kata Jokowi, menunjuk kolase meme itu, dan disambut tawa ratusan peserta kongres yang hadir. 

Foto-foto Susi, memang sangat banyak dijadikan meme. Namanya semakin tenar, setelah kebijakannya menerapkan penenggelaman kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia.  Walau sempat ditentang banyak pihak, termasuk negara-negara terkait, namun keputusan Susi tetap dilakukan. Presiden Jokowi pun tidak mempersoalkan. 

"Kenapa banyak perempuan di kabinet, karena saya yakin kehebatan perempuan, saya meyakini kehebatan perempuan," kata mantan gubernur DKI itu.