Cerita Kopral Kepala Laseno Kuliah S3

Kopral Kepala Laseno
Sumber :
  • VIVA / Ridho Permana

VIVA – Menjadi seorang prajurit TNI, tak menyurutkan niatnya untuk menuntut ilmu. Dia seorang Kopral Kepala di Politeknik Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan (Politeknik Kodiklatad) TNI Angkatan Darat.

Ya, itulah Laseno, pria 44 tahun yang kini tengah menjalani pendidikan Strata 3 di Universitas Airlangga Surabaya.

Kepada VIVA, Laseno mengaku ingin memberikan motivasi kepada siswa di Poltekad. Semua bisa mengejar cita-cita di tengah kesibukan menjadi prajurit.

"Semangat saya mengambil S3 selain memotivasi kepada rekan-rekan di sini, ingin menunjukkan prajurit juga berpendidikan tinggi," kata Laseno di Poltekad Kodiklatad Malang, Sabtu 17 November 2018.

Pria asal Malang ini menjelaskan, dia telah menjalani kuliah S3 selama dua tahun belakangan dengan biaya yang dikeluarkan mencapai Rp250 juta hingga mencapai gelar nanti.

"Jurusan saya bidang kesehatan, kuliah ini biaya sendiri dan dari komando. Total biaya pendidikan kurang lebih Rp250 juta," ungkapnya.

Laseno mengungkapkan, dia rela merogoh kocek sebanyak itu demi masa depan dan pengabdian. Demi membantu uang kuliah, Laseno punya klinik kecil-kecilan.

"Saya punya klinik kecil-kecilan, kebetulan istri bidan dan dari situ biaya kuliah. Membagi waktu kuliah dan uji kompetensi selama ini diizinkan oleh komandan," tambahnya.?

Laseno bertekad, ketika telah meraih gelar S3, dia ingin membantu Pusat Pendidikan Artileri Pertahanan Udara (Pusdik Arhanud) TNI AD. Tentu di Pusdik Arhanud belum ada prajurit bergelar S3 di bidang medis.

"Semoga saya bisa amalkan ilmu saat kuliah di sini. Membantu Pusdik menjadi tenaga medis," katanya.