Puan Minta Bangun Rumah Instan Korban Gempa Lombok Libatkan Warga

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, mengunjungi Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulfikar

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, mengunjungi Lombok, Nusa Tenggara Barat. Puan meninjau proses pembuatan panel kontruksi rumah instan sederhana sehat (risha) di Desa Batunyala, Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah.

Kunjungan itu untuk memastikan pembangunan rumah pascagempa berjalan lancar. Dia menekankan kepada aplikator, yakni PT Waskita, untuk meningkatkan kapasitas produksi panel risha agar dapat selesai sesuai target.

Dia juga meminta warga atau masyarakat dilibatkan dalam proses pembuatan panel rumah instan itu dengan terlebih dahulu diberikan pelatihan.

"Berdayakan masyarakat lokal, berikan pelatihan terlebih dahulu serta teknik pembuatan panel yang baik. Dengan demikian proses pengerjaan akan semakin cepat," ujarnya.

Kepala Manager Plan Lombok PT Waskita, Fendiardo, di hadapan Puan menjelaskan bahwa perusahaan itu meningkatkan kapasitas cetakan panel. Dia menargetkan pada Desember 2018 pembuatan panel mencapai target 30 panel rumah per hari.

"Sementara saat ini baru mampu mencetak untuk kapasitas sembilan rumah per hari," katanya. (ren)