Pertamina Siapkan 11 SPBU Kantong di Tol Jawa Tengah, Catat Lokasinya

Jembatan Kalikuto Tol Trans Jawa ruas Semarang-Batang
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA – Sejumlah ruas tol baru Trans Jawa khususnya di wilayah Jawa Tengah mulai dioperasikan pada momentum libur Natal dan Tahun Baru 2019. Bagi pemudik yang penasaran menjajal ruas tol baru di Jateng, perlu cermat memastikan bahan bakar minyak (BBM) kendaraan dalam kondisi penuh.

Guna melayani pemudik yang kehabisan BBM di sejumlah ruas tol baru, PT Pertamina Jateng-DIY telah menyiagakan sejumlah lokasi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) kantong atau mobile dispenser. Totalnya ada 11 titik yang tersebar.

"Kami siapkan 11 titik Kiosk Pertamax di ruas tol yang dilengkapi dengan mobile dispenser dan BBM kemasan,” kata Unit Manager Communication Pertamina MOR IV, Andar Titi Lestari, Kamis, 20 Desember 2018.

Sebanyak 11 SPBU kantong yang disiapkan di tol Trans Jawa di Jawa Tengah, yakni, untuk ke arah Surabaya, antara lain di KM 275 A (Tegal) di Tol Pejagan-Pemalang, KM 344 (Pemalang) di Tol Pemalang-Batang, KM 391 (Kendal) di Ruas Tol Batang-Semarang, KM 379 (Ungaran) di Tol Semarang-Salatiga, KM 487 (Ungaran) di ruas Salatiga-Kartasura, dan KM 538 (Sragen) di  ruas Tol Solo-Semarang.

Sementara itu, untuk arah ke Jakarta, disiapkan antara lain di KM 294 (Pemalang) di Tol Pejagan-Pemalang, KM 260 (Tegal) di Tol Pejagan-Pemalang, KM 360 (Batang) di Tol Batang-Semarang, KM 389 (Kendal) di Tol Batang-Semarang dan KM 519 (Sragen) di ruas Tol Solo-Semarang.  

Andar menjelaskan, beberapa fasilitas alternatif tempat pengisian BBM di ruas tol Trans Jawa itu agar pemudik mudah mengisi BBM untuk kendaraannya saat berlibur maupun pulang ke kampung halaman. Operasional tol baru Trans Jawa saat liburan akhir tahun ini diakuinya menjadi tantangan Pertamina dalam hal penyiapan BBM.

"Kita berusaha semaksimal mungkin agar konsumen mendapat kemudahan mengakses BBM. Kami berkoordinasi  dengan Dinas Perhubungan, Badan Usaha Jalan Tol dan Polda Jateng dalam menentukan titik-titik lokasi Kiosk dan SPBU kantong,” tutur dia.

Stok aman

Guna memastikan stok BBM selama libur Natal dan Tahu Baru di Jawa Tengah, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan meninjau terminal BBM milik Pertamina di Semarang, pada Rabu malam, 19 Desember 2018. Ia menyebut stok BBM menghadapi Nataru dalam kondisi aman.

Mantan menteri perhubungan dan dirut KAI itu memprediksi kenaikan BBM di masa Nataru rata-rata 6-7 persen. Sementara itu, untuk avtur, kenaikan secara total diprediksi tidak mencapai 9 persen.

Ia meminta Pertamina Jateng-DIY menyediakan akses BBM secara maksimal di ruas tol yang baru diresmikan. Sebab, waktu libur di akhir tahun tergolong cukup panjang, sehingga antisipasi kerawanan BBM harus disiapkan.

“Waktu libur 22 Desember sampai bahkan tanggal 5 Januari itu dua arah. Jadi saya minta disiapkan untuk dua arah,” kata Jonan. (art)