Kapolri Sebut Kasus Penganiayaan Meningkat di Tahun 2018

Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
Sumber :
  • Polda Banten

VIVA – Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian mengungkapkan, total jumlah kejahatan yang terjadi sepanjang 2018 mengalami penurunan 21 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Menurut Tito, kejahatan yang mengalami penurunan tersebut cukup bervariasi sepanjang 2018 seperti kejahatan konvensional, kejahatan terhadap kekayaan negara dan kejahatan yang berimplikasi kontijensi.

"Seluruh jenis kejahatan yang ditangani oleh Polri sepanjang 2018 mengalami penurunan 21 persen jika dibandingkan pada 2017," kata Tito dalam rilis akhir tahun di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 27 Desember 2018.

Sementara itu, menurut Tito penyelesaian perkara yang ditangani Polri sepanjang 2018 mengalami peningkatan sekitar 7,3 persen. Tito juga menjelaskan khusus untuk penyelesaian kejahatan transnasional juga naik sebesar 39 persen sepanjang 2018.

Untuk jenis kejahatan konvensional seperti pencurian dengan pemberatan, pencurian kendaraan bermotor, penipuan, pengggelapan dan pencurian dengan kekerasan mengalami penurunan. Sedangkan kasus penganiayaan berat mengalami peningkatan.

"Kami akan terus bekerja keras untuk menyelesaikan semua kejahatan agar Indonesia bisa lebih aman dan nyaman," katanya. (EP)