Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 16 Januari 2019 | 16:53 WIB

Polisi Tangkap Pejabat Kemenag Dalang Pungli Dana Masjid di Lombok

Team VIVA »
Mohammad Arief Hidayat
Satria Zulfikar (Mataram)
Foto :
  • VIVA/Satria Zulfikar
Kepala Polres Mataram, Ajun Komisaris Besar Polisi Saiful Alam, dalam konferensi pers tentang penangkapan tersangka pungli bantuan pascagempa Lombok pada Rabu, 16 Januari 2019.

VIVA – Polisi menangkap satu orang lagi tersangka dalam kasus pungutan liar dana rehabilitasi masjid pascagempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat, menyusul penangkapan seorang pegawai Kantor Urusan Agama di Lombok Barat.

Si tersangka baru itu diketahui bernama Ikbal, menjabat Kepala Subbagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Terpopuler

Pelaku diringkus di rumahnya pada Selasa malam. Polisi menemukan uang Rp55 juta diduga uang yang disetor Lalu Basuki Rahman, si pegawai KUA, dari hasil pungutan pada dua masjid di wilayah Batu Layar dan Lingsar, Lombok Barat.

Menurut Kepala Polres Mataram, Ajun Komisaris Besar Polisi Saiful Alam, berdasarkan hasil penyelidikan, tersangka Ikbal menyuruh Basuki Rahman menarik uang 20 persen dari masjid yang terdaftar menerima bantuan pascagempa.

Baca Juga

"IK (Ikbal) berperan vital karena dia yang memerintahkan BA (Basuki Rahman) untuk menarik dana dari pengurus masjid yang mendapat bantuan rehab. IK ini bisa dibilang otak (dalang atau aktor intelektual) dari tindakan pungli ini," kata Saiful dalam konferensi pers di pada Rabu, 16 Januari 2019.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Ups! Jokowi 'Didatengin' Miss Universe & Putri Indonesia