Aksi Personel Koarmada Saat Amankan Pilpres

Persiapan pengamanan Pilpres oleh personel Koarmada
Sumber :
  • VIVA / Ridho Permana

VIVA – Pemilihan umum bakal digelar 17 April 2019, upaya peningkatan keamanan pun terus ditingkatkan.

Komando Armada I beserta Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal III) pagi ini menggelar latihan bersama terkait pengamanan Pilpres di Wilayah Koarmada I tahun 2019. Ratusan personel dilibatkan.

Pada latihan pengamanan ini juga digelar demonstrasi. Massa pendukung caleg melakukan kampanye lalu bentrok dengan pendukung caleg lainnya. 

Kepala Staf Koarmada I, Laksamana Pertama TNI, T.S.N.B Hutabarat secara resmi membuka latihan gabungan ini. Menurutnya, latihan pengamanan ini dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Dalam amanatnya, Hutabarat mengingatkan pemilu serentak memiliki kerawanan dan risiko terhadap keamanan. Implikasinya bersifat nasional dan berpotensi menganggu stabilitas keamanan negara.

"Sudah menjadi kewajiban bagi pihak-pihak yang berkepentingan untuk dapat memastikan pelaksanaan Pemilu 2019 aman, nyaman, damai dan bermartabat," kata Hutabarat di Lapangan Arafuru, Mako Koarmada I, Jakarta Pusat, Kamis 31 Januari 2019.

Dia juga menyampaikan pesan Panglima Koarmada I, Laksamana Muda  TNI Yudo Margono. Perlu sinergitas untuk meningkatkan pengamanan demi terciptanya pemilu yang aman.

"Koarmada I beserta Lantamal memiliki tanggung jawab untuk itu. Tentunya dengan melakukan sinergitas, serta netralitas dalam proses ini," ucapnya.

"Perlu latihan keterampilan, baik  perorangan maupun secara organisasi. Diharapkan terwujudnya pemilu yang aman bagi negara kesatuan republik Indonesia," kata dia. (EP)