Aksi Mobil Tangki Terobos Iring-iringan Jokowi

Polisi dan Pasukan Pengamanan Presiden bersiaga setelah massa pengunjuk rasa sempat menerobos konvoi mobil Presiden Joko Widodo melintas di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta, Rabu malam, 13 Februari 2019.
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA – Konvoi mobil Presiden Joko Widodo diterobos massa pengunjuk rasa yang menamakan diri Awak Mobil Tangki saat rombongan kendaraan Kepala Negara melintas di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu malam, 13 Februari 2019. Peristiwa itu terjadi di Taman Pandang, depan Istana Negara.

Seorang ibu anggota pengunjuk rasa berhasil menemui Jokowi di mobilnya dan berbincang. Namun beberapa orang lain tak bisa ikut mendekat karena diadang oleh Polisi dan Pasukan Pengamanan Presiden.

Iring-iringan Presiden sempat tertahan selama 15-20 menit. Lima orang dilaporkan pingsan hingga harus dilarikan ke Rumah Sakit akibat bentrokan kecil dengan petugas pengamanan.

Aksi mereka telah dilakukan selama berminggu-minggu di Taman Pandang. Aksi menerobos iring-iringan Jokowi itu karena mereka kecewa setelah tidak bisa menyampaikan aspirasinya langsung kepada Jokowi.

Ada beberapa tuntutan yang mereka sampaikan. Pertama, meminta upah lembur mereka segera dibayarkan sesuai nota Suku Dinas Tenaga Kerja dan Kementerian Tenaga Kerja serta upah proses selama di-PHK. Kedua, mempekerjakan kembali 1.095 AMT yang di-PHK massal dan secara sepihak.

Ketiga, pengangkatan sebagai karyawan tetap di PT Pertamina Patra Niaga dan PT Elnusa Petrofin, sesuai nota sudinaker yang sudah disahkan oleh pengadilan. Keempat, para anggota AMP meminta pembayaran hak pensiun bagi pekerja yang lanjut usia sesuai perundang-undangan.