Ruang Panel RS Saiful Anwar Terbakar, Pasien Berhamburan Keluar

Kebakaran di RSSA, Malang, Jawa Timur membuat pasien dan keluarga pasien panik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lucky Aditya (Malang)

VIVA – Rumah Sakit Saiful Anwar di Kota Malang, Jawa Timur, terbakar, Rabu 27 Februari 2019, sekira pukul 13.00 WIB.  Kebakaran itu membuat seluruh pasien dan keluarganya panik.

Mereka berhamburan ke luar ruangan. Bahkan, perawat rumah sakit turut berhamburan ke luar menyelamatkan diri dari si jago merah.

Puluhan pasien dievakuasi ke luar ruangan. Dalam keadaan tidur di ranjang, pasien dievakuasi oleh petugas. Beberapa dari mereka masih menggunakan selang infus dan bantuan oksigen.

"Asap pertama mengepul dari lantai 2. Saya tertidur saat itu, terus dibangunkan sesama penunggu pasien. Saya langsung lari ke dalam, melihat ayah saya yang sakit. Ternyata, sudah dievakuasi oleh pihak rumah sakit," kata salah satu penunggu pasien, Joko Triono.

Direktur RSSA Restu Kurnia Cahyani mengatakan, informasi kebakaran baru diketahui pukul 13.00 WIB lebih. Kebakaran berawal dari ruang panel. Dugaan awal kebakaran, karena arus pendek listrik. Apalagi, di ruang panel banyak kabel listrik dan beberapa alat berbahan plastik.

"Penyebab masih kami investigasi, karena laporannya plastik sama plastik dari ruang panel itu. Apalagi, banyak kabel di sana. Tidak ada ledakan, sudah dipadamkan oleh petugas kebakaran," ujar Restu.

Restu mengatakan, kebakaran di ruang panel berimbas pada gardu listrik di RSSA. Akibatnya, aliran listrik di rumah sakit itu padam. Kini, petugas berusaha mengevakuasi pasien yang sedang panik.

"Masih kami evakuasi sampai saat ini. Tadi dampak kebakaran sampai ke gardu listrik, ini menjadi penyebab listrik padam. Kami akan segera investigasi penyebab kebakaran," ujar Restu. (asp)