Menkominfo: Jangan Menyerah Berantas Hoax

Menkominfo Rudiantara dalam acara Rakernis Asosiasi Media Siber Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bayu Nugraha

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengungkapkan penyebaran berita bohong atau hoax (hoaks) makin meningkat setiap tahun. 

Dalam catatannya, pada Januari tahun ini sudah ada sekitar 70 konten atau berita hoaks yang beredar di masyarakat. "Menurut pantauan Kominfo bisa dilihat di stophoaks.id itu meningkat. Tahun lalu hanya sekitar 60an (konten hoaks). Januari saja sudah 70 lebih dan itu penyampaian bahwa ini hoaks," kata Rudiantara, dalam acara Rakernis Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), di Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat 1 Maret 2019.

Menurut dia, konten hoaks harus terus dilawan. Sebab, jika beberapa konten hoaks dibasmi maka akan muncul konten-konten hoaks lainnya. Untuk itu, ia meminta tak boleh menyerah melawan dan memberantas hoaks. "Hoaks harus dilawan terus. Karena temukan hoaks 10 muncul lagi lebih banyak. Jadi tidak boleh nyerah dengan bertebarnya hoaks," ujarnya.

Terkait hoaks soal Pemilu 2019, ia mengaku tidak hafal berapa jumlahnya. Ia pun mengajak semua pihak untuk menjadikan Pemilu 2019 sebagai pesta demokrasi.

Ia meminta masyarakat tak saling hujat dan hina menghadapi Pemilu 2019. "Kalau pesta, siapa sih kita yang ke pesta berantem di tempat pesta, bahkan sebelum pesta mengajak gelut. Tidak ada. Kita kalau pesta senang, happy bikin situasi tuan rumah senang, yang datang juga senang. Saya ajak siapa pun untuk politik ini jadi sesuatu pesta. Kita gembira, bukannya berantem, bukan malah menghujat," kata Rudiantara. (ren)