Polisi: Ada Puluhan Bom Rakitan Aktif di Rumah Terduga Teroris Sibolga

Ledakan Bom di Sibolga
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Jason Gultom

VIVA – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo mengatakan, ada puluhan bom aktif di kediaman terduga teroris Husain alias Abu Hamzah di Sibolga, Sumatera Utara. 

Bahkan, petugas juga menemukan puluhan kilogram bahan yang bisa dijadikan bom. "Dari hasil pengakuan AH ada sekitar puluhan bom yang sudah terakit aktif. Yang dibawa istrinya 4 bom dan ada bahan-bahan juga sekitar puluhan kilo berupa potasium sebagai bahan baku perakitan bom," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 13 Maret 2019.

Menurut Dedi, Abu Hamzah mmempunyai keahlian merakit bom dan mempengaruhi orang untuk bergabung dan terpapar radikalisme. Namun, dalam perakitan bom, Abu Hamzah dibantu oleh orang lain yang saat ini masih dalam pengejaran. "Tidak sendiri karena merakit bom dengan jumlah banyak pasti dibantu sama temennya saat ini diburu," katanya.

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah ini menuturkan, bahan peledak yang sudah disiapkan untuk melakukan aksi amaliyah yang targetnya adalah polisi.

"Yang jelas melakukan amaliyah sasarannya aparat keamanan. Musuh utamanya polisi karena polisi melakukan pengejaran terorisme sepanjang 20 tahun. Melakukan penegakan hukum pelaku terorisme," ujarnya. (mus)