Diduga Ada Bahan Peledak, Rumah Terduga Teroris di Sibolga Disterilkan

Polisi berjaga di lokasi terjadinya ledakan di Kota Sibolga Sumatera Utara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Damai Mendrofa

VIVA – Polisi mensterilkan lokasi rumah terduga teroris Husain alias Abu Hamzah di Jalan KH Ahmad Dahlan, Gang Sekuntum, Sibolga, Sumatera Utara. Tindakan tersebut dilakukan lantaran faktor keamanan karena diduga masih ada bahan peledak di rumah tersebut.

Hal itu dikemukakan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 13 Maret 2019.

"Di lokasi masih diduga ada beberapa benda mencurigakan bom. Pagi tadi baru berhasil diledakkan baru beberapa bom. Oleh karenanya perlu kehatian-hatian baik anggota dan warga. Untuk warga dari lokasi disterilkan karena dari ledakan bom bunuh diri yang dilakukan istri AH cukup luas," kata Dedi.

Bahkan, kata Dedi, polisi belum sepenuhnya masuk ke dalam kediaman Abu Hamzah. Garis polisi pun belum dipasang petugas. "Dikhawatirkan reruntuhan bangunan masih ada sisa-sisa bom yang belum meledak. Kalau bisa dilihat secara visual langsung diledakkan tim gegana dengan menggunakan robot. Jadi tidak bisa mendekati langsung," katanya.

Menurut Dedi, puluhan Kepala Keluarga terpaksa mengungsi di rumah kerabat terdekat. Hal ini untuk mengantisipasi ledakan susulan yang dapat membahayakan. Untuk kediaman warga yang mengalami kerusakan akibat ledakan, nantinya akan dibantu Pemda untuk memperbaikinya.

"Saat ini kami selalu mengimbau masyarakat tak kembali ke rumah sampai dengan proses sterilisasi dinyatakan clear oleh tim Jihandak atau Gegana dari Satbrimob Polda Sumut. Kalau clear baru warga boleh masuk." (mus)