TNI Duga Pelat Dinas yang Angkut Logistik Kampanye Disalahgunakan

Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi bersama Denpom TNI Mayjen Dedi Iswanto
Sumber :
  • VIVA/Eduward

VIVA – Markas Besar Tentara Nasional Indonesia mengklarifikasi video viral tentang mobil Mitsubishi Pajero yang membawa logistik kampanye milik pasangan calon presiden-calon wakil presiden, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Kepala Pusat Polisi Militer TNI, Mayjen Dedy Iswanto membenarkan bahwa video yang viral tentang mobil itu yang diketahui menggunakan pelat nomor kedinasan.

"Hasil dari pengecekan dari data yang ada, di registrasi Mabes TNI bahwa nomor tersebut betul nomor militer yang ada di Mabes TNI. Yang mana, nomor tersebut adalah 3005-00," kata Dedy, saat menyampaikan keterangan pers di kompleks Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Jumat 22 Maret 2019.

Untuk sementara, Dedy telah melakukan penelusuran, bahwa pelat tersebut telah disalahgunakan. Di registrasi, mestinya angka nomor kendaraan tersebut tercantum dengan mobil dinas berjenis sedan dengan merek Mitsubishi Lancer.

Pendalaman ini, nantinya akan mengetahui siapa pemilik pelat tersebut berikut pangkat dan jabatannya.

"Sedang dalam penyelidikan dan pendalaman kami. Kenapa sampai terjadi berubah jenis kendaraan tersebut yang digunakan," kata dia.

Di kesempatan yang sama, Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI, Mayjen Sisriadi mengatakan bahwa institusi militer tetap memegang teguh komitmen untuk netral dalam pelaksanaan Pemilu serentak April mendatang.

Pihaknya belum bisa memastikan, apakah pelat yang tertera dalam mobil Pajero itu telah diduplikasi. Pelat kedinasan, kata dia, juga tidak diperbolehkan berpindah ke mobil lain apalagi mobil pribadi.

"Kita tidak pernah berikan pelat nomor dinas untuk dipakai orang di luar dinas," kata Sisriadi.

Sebelumnya diberitakan, viral video mobil dengan pelat kedinasan TNI menjadi perhatian membawa paket yang dibagikan kepada masyarakat, ketika hadir dalam acara dialog kebangsaan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandi.

Video itu memperlihatkan mobil tersebut parkir persis di depan lokasi acara. Pada lokasi acara tersebut terdapat spanduk bergambar Prabowo-Sandi, dengan tulisan "Selamat Datang Para Relawan se-Bogor Raya Pada Dialog Kebangsaan". (asp)