Malam Ini Bawaslu Putuskan Sikap soal Surat Suara Tercoblos Capres 01

Ketua Bawaslu, Abhan.
Sumber :
  • VIVA/Lilis Khalisotussurur

VIVA – Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia telah menerima laporan dugaan kecurangan pemilu dengan modus mencoblos surat suara yang belum digunakan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Ketua Bawaslu Abhan mengatakan akan segera mengumumkan hasil identifikasi timnya. Sejauh ini Bawaslu telah mengumpulkan data dan sejumlah dokumen berkaitan dugaan kecurangan pemilu yang terjadi di Malaysia atau daerah pemilihan luar negeri.

"Jadi kami mendapatkan laporan dari jajaran kami yang ada di Malaysia.? Saat ini kami sedang mengumpulkan berbagai dokumen, alat, data-data pengawasan Panwaslu. Dan sore ini atau malam inilah nanti ada keputusan kami," kata Abhan di kantor KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, 11 April 2019.

Abhan menegaskan pihaknya akan mengungkap dugaan kecurangan ini kepada publik. Abhan menyebutkan, jika terbukti didapatkan pelanggaran maka akan diberikan sanksi yang tegas.

"Apa yang harus kami keluarkan, apa tindakan kami, rekomendasi kami untuk itu nanti ada. Kita lihat dulu fakta-faktanya, siapa yang lakukan lalu apa modusnya. Tapi tindakan kami saat ini kami sedang mengumpulkan data dokumen bukti-bukti hasil pengawasan sistem kami di Malaysia," ujar Abhan.?

Hari ini viral video penemuan surat suara yang telah tercoblos ditemukan di Selangor, Malaysia. Padahal, pemilihan di kota-kota di wilayah negara itu baru akan dilakukan pada Minggu, 14 April 2019.

Dari video yang beredar, selain telah dicoblos untuk calon presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin, untuk pemilihan presiden, surat suara itu juga sudah dicoblos untuk calon anggota legislatif dari berbagai partai.

Pemilihan caleg, sudah tercoblos untuk caleg dari Partai Nasdem dan Partai Demokrat. Salah satunya untuk caleg daerah pemilihan Jakarta II atas nama Davin Kirana. Kemudian untuk caleg Partai Demokrat dari Dapil Jakarta II nomor urut tiga, Mariana Harahap.

Dari video yang beredar ini, penemuan suarat suara yang telah dicoblos berada di sebuah bangunan seperti toko di kawasan Selangor, Malaysia.