Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Sabtu, 20 April 2019 | 11:54 WIB

Serangan Meningkat, Satgas Kominfo Ikutan Jaga Sistem KPU

Team VIVA »
Dedy Priatmojo
Eka Permadi
Foto :
  • VIVA/M Ali Wafa
Menkominfo Rudiantara.

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara meminta semua pihak menunggu hasil resmi penghitungan suara manual KPU. Sembari itu, Rudiantara minta semua pihak menghentikan penyebaran kabar hoaks dan provokasi melalui media sosial. 

"KPU kan memang lembaga yang independen untuk menyelenggarakan pemilu, ya kita hormati lah jangan dibikin hoaks soal ke arah KPU, kita hormati teman-teman, kasian udah kerja keras masih dilempar hoaks juga," kata Rudiantara di Gedung KPU RI, Jakarta, Sabtu 20 April 2019.

Baca Juga

Rudiantara mengungkapkan, Kominfo dan KPU sudah bekerjasama dan mempunyai satgas bersama yang akan memerangi hoaks, terutama yang ditujukan ke KPU. Tim ini disiapkan untuk menjaga sistem yang ada di KPU.

"Iya jadi kita jaga sama sama, jangan kirimkan hoaks terutama untuk KPU. Kita jaga sama sama untuk KPU lakukan perhitungan. Itu sementara itu dulu ya," ujarnya.

Terpopuler

Rudi enggan bicara terkait sistem KPU yang sempat down beberapa kali, yang kabarnya diserang para peretas. "Untuk cyber security itu tanya ke KPU dan BSSN, saya tidak punya kapasitas bicara," jelasnya.

Meski begitu ia mengakui jumlah serangan terhadap KPU semakin meningkat beberapa hari ke belakang. 

"Nanti saya angkanya, tapi perkiraanya untuk sampai dengan 17 April, kalau kita bandingan hari pertama bulan Maret dan hari pertama bulan April lebih banyak April." (mus) 

Topik Terkait
Saksikan Juga
KPU Tetapkan Sembilan Parpol Lolos ke Senayan
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu