Halo
Pembaca

Berita

Bola

Ramadan

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Minggu, 21 April 2019 | 22:20 WIB

Erupsi Gunung Agung, BPBD Sebar 10 Ribu Masker

Team VIVA »
Raden Jihad Akbar
Bobby Andalan (Bali)
Foto :
  • Bobby Andalan/VIVA.co.id
Warga Bali mengungsi akibat Erupsi Gunung Agung.

VIVA – Sejumlah warga kembali mengungsi akibat erupsi Gunung Agung.  Badan Penanggulangan Bencana Daerah beserta tim gabungan lainnya pun membagikan masker kepada warga.

Kepala BPBD Provinsi Bali, Made Rentin memaparkan, warga yang mengungsi di antaranya adalah warga Badeg Dukuh, Kecamatan Selat sebanyak 8 KK atau 20 jiwa.

Baca Juga

"Infonya mereka mengungsi karena lontaran lava pijar yang mendekati wiilayah mereka. Kami juga telah menyebar sekitar 10 ribu masker kepada warga terdampak abu vulkanik Gunung Agung," kata Rentin saat dihubungi VIVA, Senin 21 April 2019.

Letusan Gunung Agung malam tadi pukul 18.56 WITA sebagaimana dilaporkan Pos Pengamatan Gunung Agung, tinggi kolom abu vulkanik mencapai sekitar 3.000 meter di atas puncak kawah atau 6.142 meter di atas permukaan laut. Kolom abu vulkanik kelabu tebal, tertiup angin condong ke arah Barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan durasi ± 1 menit 22 detik.

Terpopuler

"Erupsi ini lebih besar dibandingkan erupsi tadi pagi pukul 03.21 WITA yang tinggi kolom abu vulkanik mencapai 2.000 meter,"  kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Diperkirakan hujan abu akan jatuh di sekitar Gunung Agung, khususnya di wilayah selatan hingga barat daya sesuai citra satelit Himawari.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Pasca Erupsi Gunung Agung, Bandara di Bali Masih Normal
TVONE NEWS - 12 bulan lalu
Terbaru