Mendagri Sarankan Bupati Mandailing Natal Lanjutkan Jabatannya

Mendagri Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • VIVA/ Ridho Permana.

VIVA – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengaku segera mengundang Bupati Mandailing Natal, Dahlan Hasan Nasution yang mundur secara tiba-tiba dari jabatannya usai Pemilihan Umum 2019.

Hingga kini, Tjahjo mengaku masih belum bertemu langsung dengan Dahlan. 

Tetapi, Tjahjo melanjutkan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Pemerintah Daerah Sumatera Utara, untuk mengundang Dahlan untuk bertemu. 

"Sebentar lagi akan kami undang. Pada prinsipnya, saya akan menjelaskan mekanisme pengunduran diri. Surat yang langsung dikirim ke Mendagri adalah salah, harusnya melalui DPRD dan sebagainya," ungkap Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 24 April 2019.

Politisi PDIP ini mengakui, hak untuk mundur dari jabatan merupakan milik setiap orang. Tetapi, tentunya harus dijelaskan terlebih dahulu alasannya mundur, agar tidak menimbulkan persepsi yang salah. 

Tjahjo pun menyarankan, agar Dahlan tak berhenti dari jabatannya sebagai Bupati Mandailing Natal. "Arahan saya, mungkin seyogyanya yang bersangkutan terus melanjutkan tugasnya sebagai bupati. Arahnya nanti kalau ketemu, mudah-mudahan minggu depan ketemu," kata dia. 

Untuk pembicaraan kasus mundurnya Bupati Mandailing Natal ini, Tjahjo mengaku belum sempat membicarakannya langsung dengan Presiden Joko Widodo. 

"Belum, tetapi sudah kami laporkan kepada pak Mensesneg, kepada Kepala Staf (Kepresidenan), dan Seskab (Sekretaris Kabinet)," tutur dia. (asp)