Sri Mulyani Bangga RI Junjung Tinggi Hak Politik Perempuan

Menkeu Sri Mulyani di ABAC II 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar GM

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani membanggakan Indonesia menjunjung tinggi hak politik kaum wanita dalam Pemilu 2019. Menurut dia, dalam mekanisme demokrasi yang baru saja berlalu itu, suara perempuan turut diincar baik oleh kandidat Pilpres atau Pileg, karena mereka memiliki peran signifikan dalam politik.

"Dalam Pemilu, kami yang baru saja berlalu, suara kaum wanita diincar karena mereka sangat penting," ujar Sri di hadapan delegasi internasional dalam Woman Luncheon Program pada pertemuan ABAC II di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu 24 April 2019.

Bahkan, muncul juga istilah 'emak-emak', karena kalangan wanita yang kebanyakan juga di antaranya adalah ibu rumah tangga, ramai mendominasi penyampaian aspirasi politik selama masa Pemilu.

Sri menyampaikan, Indonesia menjunjung tinggi peran kaum wanita dalam menentukan masa depan bangsanya.

"Dominannya peran wanita dalam perpolitikan Indonesia menunjukkan bahwa wanita juga bisa menjadi pemilih yang penting dan kuat. Yang bisa menentukan masa depan politik bangsanya," ujar Sri.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga mengungkapkan, dijunjung tingginya peran perempuan itu tidak hanya akan terjadi di dalam politik saja. Lebih dari itu, Indonesia terus mendorong peran aktif kaum wanita dalam bidang seperti ekonomi dan sosial.

"Kita harus lebih banyak mendorong dan menciptakan kesempatan bagi kaum wanita," ujar Sri. (asp)