Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 25 April 2019 | 17:34 WIB

Tim Sapu Jagat Jemaah Haji RI Kembali Aktif, Ini Tugasnya

Team VIVA »
Lis Yuliawati
Dedy Priatmojo
Foto :
  • VIVA.co.id/ Dedy Priatmojo
Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes, Dr Eka Yusuf Singka di Asrama Haji.

VIVA – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji atau PPIH dari Kementerian Kesehatan kembali menyiapkan 70 orang petugas kesehatan yang masuk sebagai Tim Gerak Cepat atau TGC di Arab Saudi.

Tim ini pada musim haji 2018 lalu, bertindak sebagai 'sapu jagat', menyisir setiap titik-titik strategis dengan membawa obat-obatan dan siap memberikan pertolongan pertama bagi jemaah haji Indonesia yang sakit.

Baca Juga

"Saat ini, masih seperti itu (70 orang), mudah-mudahan bisa lebih banyak lagi. Kalau perlu kalian (wartawan-MCH) kita latih TGC, kalau mau," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes, Dr Eka Yusuf Singka saat pembekalan petugas haji di Asrama Haji Pondok Gede, Kamis 25 April 2019.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Nizar Ali menilai, keberadaan TGC sangat efektif membantu jemaah haji pada musim haji 2018. "Untuk itu, kami kembali mengadakan TGC di musim haji 2019 ini," kata Nizar Ali di Asrama Haji, kemarin.

Terpopuler

Tim TGC nantinya disebar di setiap lokasi-lokasi strategis. Mereka akan berkeliling dengan membawa tas yang isinya alat-alat kesehatan, mulai dari obat-obatan, infus oksigen hingga air minum.

"Fungsi TGC ini dirasakan sangat efektif, sebab pada haji tahun lalu mereka mampu memberikan pertolongan dini dengan cepat kepada jemaah haji yang jatuh sakit, sebelum mereka dibawa ke tempat-tempat perawatan atau sebelum dirujuk ke rumah sakit," ujarnya. (asp)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Jemaah Haji Asal Indramayu Meninggal di Pesawat
KABAR HAJI - 2 hari lalu