Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 25 April 2019 | 20:42 WIB

Jemaah Haji Diimbau Tak Dekati Unta, Apalagi Ngajak Selfie

Team VIVA »
Lis Yuliawati
Dedy Priatmojo
Foto :
  • MCH-2019
Kepala Pusat Kesehatan Haji Dr. Eka Jusuf Singka.

VIVA – Kementerian Kesehatan tetap mengimbau kepada jemaah haji Indonesia agar tidak mendekat ke Unta selama berada di Arab Saudi, apalagi sampai melakukan swafoto atau selfie.

"Sebenarnya, istilah selfie itu lebih ke arah dekat Unta, sebaiknya jangan, karena kita takut ada penularan Mers CoV," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes, Dr Eka Jusuf Singka saat pembekalan petugas haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis, 25 April 2019.

Baca Juga

MERS CoV merupakan singkatan dar Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus. Virus yang muncul tahun 2012 di Timur Tengah itu telah menyerang dan menewaskan ribuan orang lebih sejak kemunculannya.

MERS-CoV mirip sindrom pernafasan akut berat atau Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Orang yang terkena MERS-CoV mengalami gejala demam, batuk, dan sesak nafas selama tujuh hari hingga akhirnya mengakibatkan gagal ginjal dan penumonia atau radang paru-paru akut.

Terpopuler

Penderita bisa juga terkena gejala penyakit yang berhubungan dengan lambung dan usus, misalnya diare.

Dokter Eka Jusuf berharap, jemaah haji mematuhi imbauan pemerintah, agar tidak mendekat ke Unta demi keselamatan jemaah haji. Imbauan ini menyusul banyaknya korban gara-gara virus mematikan ini.

"Kenapa kita bilang Unta? Karena kegiatan umrah dan haji banyak hubungannya dengan kegiatan wisata ke tempat-tempat itu," ujarnya.
 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Jemaah Haji Asal Indramayu Meninggal di Pesawat
KABAR HAJI - 2 hari lalu