Khofifah Hadiri RUPS Bank Jatim sebelum Diperiksa KPK

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam perkara dugaan suap di lingkungan Kementerian Agama untuk tersangka Romahurmuziy alias Rommy di Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur di Surabaya, Jumat, 26 April 2019. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera membenarkan soal itu.

Jika benar sudah diperiksa, Khofifah sukses mengecoh wartawan yang sejak pagi menyanggong di semua pintu masuk gedung Subdirektorat Tindak Pidana Korupsi pada Direktorat Reserse Kriminal Khusus, gedung biasa Komisi Pemberantasan Korupsi meminjam tempat pemeriksaan. Pun di gedung Tribrata, kedatangan maupun keluarnya Khofifah tak terpantau awak media.

Barung mengatakan bahwa pemeriksaan Khofifah berlangsung di gedung Tipidkor Ditreskrimsus sejak pukul sembilan pagi sampai pukul satu siang. Sebelum itu, sekira pukul 08.00-09.00 WIB, Khofifah menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS Bank Jatim di Surabaya. Para wartawan juga tak berhasil mewawancarai saat dia keluar dari Bank Jatim.

"Benar, ada pemeriksaan saksi yang telah dinyatakan oleh juru bicara KPK tadi malam bahwa di Jawa Timur telah dilakukan pemeriksaan jam 09.00 WIB terhadap saksi Ibu Khofifah Indar Parawansa," kata Barung. Dia enggan menjelaskan materi pemeriksaan karena perkara itu ditangani KPK.

Keterangan sama disampaikan Direktur Reskrimsus Polda Jatim Komisaris Besar Polisi Akhmad Yusep Gunawan. "Sudah diperiksa dari tadi di Tipidkor. Sudah selesai, [Khofifah] sudah pulang barusan," ujarnya.

Nama Khofifah terseret kasus dugaan suap jual beli jabatan di lingkungan Kemenag setelah tersangka utama kasus itu, mantan ketua umum PPP Romahurmuziy alias Rommy, menyebut bahwa perbuatan melanggar itu dilakukan karena dorongan aspirasi dari Khofifah dan tokoh PPP, Asep Saifuddin Chalim. Khofifah maupun Asep membantah ocehan Rommy.