Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Minggu, 28 April 2019 | 17:43 WIB

Petugas Haji Harus Tulus Layani Tamu Allah

Team VIVA »
Eko Priliawito
Dedy Priatmojo
Foto :
  • Dedy Priatmojo
Kepala Daerah Kerja Mekah 2019, Arsyad Hidayat.

VIVA – Petugas haji Arab Saudi 2019 mulai melakukan pemusatan pembekalan pada tiap-tiap sektor dan daerah kerja (Daker). Pemusatan ini dalam rangka menyusun rencana kerja dan aksi kerja di Arab Saudi.

Pemusatan petugas haji ini dibagi dalam tiga daker, yakni Daker Mekah, Daker Madinah dan Daker Bandara. Masing-masing daker ini, kecuali Daker Bandara, membawahi sejumlah sektor kerja.

Baca Juga

Untuk daerah kerja Mekah, pada tahun 2019 kembali dipimpin oleh Arsyad Hidayat. Pria kelahiran Karawang 47 tahun ini dinilai 'fasih' menjalani tugas untuk wilayah kerja Mekah.

Sejak 2011, Ia beberapa kali memimpin Daker Mekah. Tahun ini, Arsyad akan memimpin sebanyak 817 petugas haji RI di daerah kerjanya.

Terpopuler

Kepada wartawan yang tergabung dalam Media Center Haji (MCH), Arsyad optimis penyelenggaraan ibadah haji 2019 akan berjalan baik. Pernah bermukim tiga tahun di Arab Saudi, Ia merasa sudah mengenal betul wilayah Mekah. Termasuk segala urusan terkait birokrasi dan transportasinya.

"Alhamdulillah, saya banyak kenal pejabat di sana," kata Arsyad saat memberi pembekalan petugas haji Daker Mekah di Asrama Haji, Pondok Gede, Minggu, 28 April 2019.

Arsyad menekankan bahwa para petugas haji, khususnya di Daker Mekah agar tulus melayani jemaah haji di Tanah Suci. Karena jemaah haji itu disebut juga sebagai duyufur rohman atau tamu Allah.

"Jadi kita ini adalah pelayan tamu Allah. Kalau ada tamu dari luar kota saja kita akan perlakukan mereka dengan baik, apalagi tamu Allah," ujarnya.  

Dalam kesempatan itu, Arsyad juga meminta kepada timnya untuk menunjukkan kinerja terbaik, karena media akan mengawasi dan mempublikasikan kinerja petugas haji.

"Hidup kita tak lepas dari media. Kalau mau eksis ya kita harus dekati media," katanya.

Pria yang kini menjabat Kasubdit Bina Haji Kementerian Agama ini juga berjanji akan bekerjasama dengan media, khususnya media center haji (MCH), untuk mensukseskan ibadah haji 2019.

"Saya akan siapkan apapun kebutuhan media. Saya tidak akan lari dari media. Apapun informasi yang dibutuhkan akan saya sediakan untuk teman-teman media," kata Arsyad.

Kendati tugasnya meliput haji 2019, Arsyad meminta anggota MCH agar ikut membantu petugas haji lainnya melayani jemaah haji. Karena bagaimanapun, MCH juga adalah petugas haji.

"Bantu juga jemaah, kalau perlu gendong jemaah," katanya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Melihat Souk Ukaz, Festival Pasar Kuno Bangsa Arab
HAJIPEDIA - 14 hari lalu