Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 30 April 2019 | 16:02 WIB

Gladi Posko Haji 2019, Simulasi Tugas di Arab Saudi

Team VIVA »
Lis Yuliawati
Dedy Priatmojo
Foto :
  • VIVA.co.id/ Dedi Priatmojo
Simulasi gladi posko penyelenggaraan ibadah haji 2019.

VIVA – Sejumlah 1.108 petugas haji Arab Saudi 2019 melakukan simulasi gladi posko penyelenggaraan ibadah haji 2019, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa, 30 April 2019.

Gladi posko dilakukan untuk mengaplikasikan rencana kerja operasi berdasarkan daerah kerja (daker) masing-masing, yakni Daker Madinah, Daker Bandara dan Daker Mekah.

Baca Juga

Sejak pukul 08.00 WIB, para petugas berkumpul di depan Aula Serba Guna I Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Petugas mendapat arahan dari Kepala Satuan Operasi Armina, Kolonel (Sus)  Jaetul Muchlis.

Gladi dimulai dengan simulasi pemberangkatan petugas haji 2019 Daker Madinah dan Daker Bandara, 4 Juli 2019. Petugas akan mendarat di Bandara Madinah, untuk bersiap menyambut kedatangan jemaah haji gelombang I pada 7 Juli 2019 di Madinah.

Terpopuler

Pada hari yang sama dengan keberangkatan perdana jemaah haji 7 Juli 2019, petugas haji untuk wilayah Daker Mekah, juga diberangkatkan menuju Mekah.

Jemaah haji gelombang I tiba di Madinah 7-8 Juli 2019. Jemaah akan berada di Madinah sambil ibadah Arbain, menunggu kedatangan seluruh jemaah gelombang I tiba di Madinah hingga 16 Juli 2019.

Selanjutnya, rombongan jemaah haji yang tiba perdana di Madinah, yakni Kloter JKG-01, akan didorong menuju Mekah untuk umrah dan persiapan puncak haji.

Rombongan yang berasal dari Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta ini terdiri dari 388 jemaah. Mereka ditempatkan pada Sektor 3, Zona Raudhah.

"Alhamdulillah hari ini telah tiba di sektor 3, jemaah asal  Embarkasi JKG-01. Jumlahnya 200 jemaah haji perempuan, 188 jemaah haji laki-laki," tutur Sekretaris Sektor 3 Adi Nugroho.

Adi menerangkan, ada satu jemaah sakit yang telah memperoleh pertolongan pertama dari tim kesehatan sektor. "Satu yang sakit, sudah tertangani, dan sudah bergabung dengan kelompoknya kembali," ujar Adi dalam simulasi yang dilakukan.

Beberapa simulasi penanganan jemaah sakit dan jemaah yang hilang dari rombongan juga dilakukan. Masing-masing sektor dituntut untuk menangani kasus-kasus yang akan muncul di Arab Saudi.

Gladi posko berlanjut pada pelaksanaan puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna). Selepas Arafah, petugas haji Daker Madinah dan Bandara bergeser Muzdalifah, untuk sesaat kemudian lanjut ke Mina.

Peserta gladi posko yang diikuti oleh semua sektor dan bidang sangat antusias. Mulai dari petugas kloter, bimbingan ibadah, perlindungan jemaah, petugas kesehatan sampai sektor transportasi.

Semua proses dilakukan runut sampai semua jemaah haji melempar jamarat dan kembali ke Mekah untuk tawaf Ifadhah.

"Gladi posko ini sebagai miniatur untuk melaksanakan tugas di medan operasi yang sesungguhnya," kata Muchlis saat memantau pelaksanaan Gladi Posko Petugas Haji 2019. (ben)
 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Suasana Salat Gerhana Bulan di Langit Ka'bah
KABAR HAJI - 13 jam lalu