Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 1 Mei 2019 | 09:09 WIB

Menengok Kesiapan Tim Gerak Cepat Haji 2019

Team VIVA »
Hardani Triyoga
Dedy Priatmojo
Foto :
  • VIVA.co.id/Dedy Priatmojo
TGC saat menggelar Gladi Posko Haji 2019 di Asrama Haji Jakarta

VIVA – Cepat, responsif dan profesional. Begitu kesan melihat kerja Tim Reaksi Cepat atau TGC saat menggelar Gladi Posko Haji 2019 di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, 30 April 2019.

Mereka berkeliling seputaran Mekah dan Madinah dengan membawa tas slempang oranye berisi cairan infus dan obat-obatan. Untuk menemui mereka juga tak sulit. Kaos biru dongker dengan tulisan 'TGC' warna oranye dan topi oranye menjadi penandanya.

Baca Juga

TGC merupakan tim yang dibentuk Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan. Tim ini bekerja untuk memberikan pertolongan pertama jemaah haji di Arab Saudi yang mengalami masalah kesehatan.

Tim yang beranggotakan 71 orang ini terdiri dari dokter, perawat dan farmasi yang dipimpin oleh Dokter Erwinsyah atau yang akrab disapa Dokter Erik. TGC akan bertugas di dua daker, Mekah dan Madinah.

Terpopuler

Untuk Daker Madinah, ada 15 orang TGC. Mereka akan bertugas di sektor, masing-masing sektor terdiri dari 1 dokter dan dua perawat. Sedangkan, Daker Mekah, ada 11 sektor tiap sektor terdiri dari 2 dokter 2 perawat dan 1 farmasi.

Tiap-tiap sektor juga akan bertugas di sektor Arafah, Muzdalifah, Mina. Tim TGC akan terus bergerak selama 24 jam di semua sektor untuk penanganan gawat darurat, stabilisasi, pencatatan dan pelaporan jemaah haji.

"Insya Allah tim TGC dengan semangat jiwa korsa, satu komando, tugas terbaik untuk jemaah haji Indonesia," kata Dokter Erik kepada VIVA di Asrama Haji Pondok Gede.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Nizar Ali menilai keberadaan TGC sangat efektif membantu jemaah haji pada musim haji 2018.

"Untuk itu, kami kembali mengadakan TGC di musim haji 2019 ini," kata Nizar Ali di Asrama Haji.

Nizar menganggap fungsi TGC ini dirasakan sangat efektif, sebab pada haji tahun lalu mereka mampu memberikan pertolongan dini dengan cepat kepada jemaah haji yang jatuh sakit, sebelum mereka dibawa ke tempat-tempat perawatan atau sebelum dirujuk ke rumah sakit.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Viral di Dunia Maya, Raja Salman Hadiahi Haji Kakek Uhi
TVONE NEWS - 16 jam lalu