Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 1 Mei 2019 | 22:53 WIB

Cegah Penyakit Menular, 1.108 Petugas Haji Divaksin Meningitis

Team VIVA »
Hardani Triyoga
Dedy Priatmojo
Foto :
  • MCH-Bahauddin
Petugas Haji divaksin Meningitis

VIVA – Sebanyak 1.108 petugas haji Arab Saudi diberi vaksin meningitis sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi pada awal Mei 2019 mendatang. Vaksin meningitis menjadi keharusan bagi siapa pun yang akan berkunjung ke Arab Saudi untuk ibadah haji dan umrah.

Kepala Bidang Upaya Kesehatan Lintas Wilayah Kantor Kesehatan Pelabuhan Soekarno-Hatta, Ade Irma mengatakan bahwa vaksin ini sangat penting agar para jemaah haji maupun umrah tidak tertular penyakit.

Baca Juga

"Di sana banyak orang datang dari berbagai negara. Karena memang daerah endemis, jadi karena takut tertular penyakit meningitis maka disyaratkan oleh pemerintah Arab Saudi untuk diberi (vaksin) meningitis," kata Ade Irma saat ditemui di Asrama Haji, Rabu, 1 Mei 2019.

Tujuan vaksin ini, lanjut Irma, agar jemaah haji dan umrah tak tertular penyakit meningitis yang dibawa oleh orang dari negara lain. Pemerintah Arab Saudi akan mengecek vaksin ini sebagai salah satu syarat masuk di negaranya.

Terpopuler

"Nanti di pintu masuk akan dicek, kami bagi buku ICV, International Certificate of Vacination," ujar Ade.

Ade menambahkan vaksin meningitis berfungsi sebagai sistem imunitas tubuh dari virus atau penyakit endemis. "Seperti kita memakai baju besi sehingga kalau kuman masuk, kumannya tidak akan masuk ke badan kita," imbuhnya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Melihat Souk Ukaz, Festival Pasar Kuno Bangsa Arab
HAJIPEDIA - sekitar 1 bulan lalu