Hotel Jemaah Haji RI di Madinah Jaraknya Dekat ke Masjid Nabawi

Menag Lukman Hakim tinjau akomodasi jemaah haji di Saudi
Sumber :
  • Rilis Kemenag

VIVA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan seluruh hotel yang akan ditempati jemaah haji Indonesia berada di wilayah Markaziyah atau kawasan terdekat Masjid Nabawi di Kota Madinah Al Munawwarah.

"Dengan titik terjauh sekitar 600 meter dari Masjid Nabawi," kata Menag Lukman saat meninjau akomodasi jemaah haji di Kota Madinah Arab Saudi, dirilis Kemenag, Rabu, 1 Mei 2019.

Total ada 107 hotel di Madinah yang disewa pemerintah untuk jemaah haji Indonesia tahun 2019. Sebanyak 57 hotel disewa dengan sistem full musim dan 50 hotel blocking time. Menag mengapresiasi kinerja tim akomodasi jemaah haji 2019.

"Meski ada tambahan kuota 10ribu, mereka berhasil menyewa seluruh hotel jemaah di wilayah Markaziyah," tutur Menag.

Apresiasi juga disampaikan Menko PMK Puan Maharani. Menurutnya, persiapan layanan akomodasi bagi jemaah Indonesia di Madinah sudah bagus dan sesuai standar.

"Kamarnya sudah bagus dan saya kira sangat layak untuk menfasilitasi jemaah haji supaya ibadahnya bisa semakin khusyuk," kata Puan saat melihat kamar hotel dan fasilitas yang ada di dalamnya.

Sementara itu, Ketua tim penyiapan akomodasi pemondokan, Rudi N Ambary menjelaskan, sejak awal bertugas, timnya berupaya mendapatkan penginapan di daerah Markaziyah semua.

Hal sama dilakukan saat menerima arahan tentang adanya tambahan kuota 10 ribu. Tim segera bergerak untuk menyewa hotel-hotel yang masih ada di wilayah Markaziyah.

"Alhamdulillah, seperti tahun sebelumnya, tim bisa menyewa hotel di area markaziyah semua," ujar Rudi.

Sebelumnya, tim penyedia layanan akomodasi juga sudah menyelesaikan sewa 163 hotel di Mekah. Saat ini, masih berproses untuk penyediaan tambahan lima hotel lagi di kota kelahiran Nabi. (mus)