Kapolri Pimpin Upacara Pergantian Sejumlah Pati dan Kapolda

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memimpin acara serah terima jabatan.
Sumber :
  • Bayu Nugraha

VIVA – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memimpin acara serah terima jabatan sejumlah perwira tinggi (Pati) Polri dan Kapolda. Beberapa jabatan yang mengalami rotasi kepemimpinan yaitu Inspektorat Pengawasan Umum (Irawasum), Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) dan Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri.

Upacara serah terima jabatan (Sertijab) dilaksanakan di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, 2 April 2019. Sertijab dilakukan menyusul adanya rotasi jabatan sesuai surat telegram Kapolri yang ditandatangani As SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri dengan nomor ST/1202/IV/KEP./2019 per tanggal 26 April 2019.

Sesuai surat telegram tersebut, jabatan Irswasum diserahkan Komjen Pol Putut Eko Bayuseno kepada Komjen Pol Moechgiyarto. Kemudian jabatan Kabaharkam diserahkan Moechgiyarto kepada Irjen Pol Condro Kirono. Selanjutnya jabatan Kabaintelkam diserahkan Komjen Pol Unggung Cahyono kepada Irjen Pol Agung Budi Maryoto.

Sepeninggal Condro dan Agung Budi, jabatan Kapolda Jateng diisi Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dan Kapolda Jabar diisi Irjen Pol Rudy Sufahriadi.

Sementara jabatan Kapolda Papua diserahkan Irjen Pol Martuani Sormin kepada Brigjen Pol Rudolf Albert Rodja yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Papua Barat. Martuani dilantik menjadi As Ops Kapolri. Sementara itu jabatan Kapolda Papua Barat akan diisi Brigjen Pol Herry Nahak.

Irjen Pol Achmat Juri yang sebelumnya merupakan Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) dilantik sebagai Gubernur Akpol, menggantikan Irjen Rycko. Posisi Kapolda NTB akan dijabat Brigjen Pol Nana Sujana.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut mutasi di internal Polri adalah hal yang biasa dan rutin. Dalam mutasi kali ini, Tito menyebut dilandasi adanya dua Pati Polri yang memasuki masa pensiun, yakni Komjen Pol Putut Eko Bayuseno dan Komjen Pol Unggung Cahyono.

"Dua orang pensiun yaitu Pak Unggung Kepala Baintelkam dengan Irwasum Pak Putut yang memang sudah waktunya pensiun. Otomatis harus diganti," kata Tito usai acara serah terima jabatan.

Tito menuturkan, dua Pati Polri yang menggantikan posisi Pati Polri yang pensiun memiliki kemampuan yang dia rasa layak. Apalagi, dua Pati Polri yang menggantikan yakni Irjen Pol Condro Kirono dan Irjen Pol Agung Budi sudah lama memimpin wilayah.

"Kapolda Jabar, Kapolda Jateng cukup senior mereka. Kapolda Jateng tiga tahun di Jateng. Kapolda jabar juga cukup lama di sana. Kita lakukan penggantian sesuai yang saya anggap mereka cakap mengerjakan di sana," katanya. (ren)