Ramadhan hingga Lebaran, Harga Ikan Diperkirakan Stabil

Ikan yang dijual di pasar. (FOTO: Ferry Agusta Satrio/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP RI) menyatakan, harga ikan di beberapa daerah seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Jawa Tengah, relatif stabil menjelang Ramadhan hingga Lebaran tahun ini.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam rilis Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP RI yang diterima, Kamis (2/5/2019). 

Harga ikan stabil dikarenakan pada bulan April sampai Agustus biasanya merupakan musim panen ikan sehingga hasil tangkapan ikan diyakini bakal melimpah.

Disebutkan pula, kenaikan harga ikan selama bulan puasa diperkirakan tetap terjadi namun relatif kecil atau tidak signifikan.
 
Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, untuk permintaan ikan pada bulan puasa akan mengalami kenaikan pada pekan-pekan awal dan akan kembali normal sampai dengan menjelang Idul Fitri.

Selama Lebaran, permintaan ikan cenderung menurun karena kebanyakan masyarakat mengonsumsi daging ayam dan daging sapi. Permintaan ikan akan kembali meningkat seminggu setelah lebaran. (*)