MUI dan DPR Ingin Seluruh Umat Islam Awali Puasa Bersama-sama

Ceria anak-anak menyambut datangnya Ramadan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

VIVA – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifudin memastikan 1 Ramadan jatuh pada hari Senin 6 Mei 2019. Ia memastikan tahun ini tidak ada perbedaan antara umat islam yang menjalankan puasa, karena pada beberapa tahun lalu beberapa kelompok masyarakat muslim di Indonesia melaksanakan awal puasa pada waktu yang berbeda.

"Kita berharap seluruh umat Islam akan mengawasi puasa secara bersama. Ini simbol cerminan kebersamaan dengan mengawali puasa Ramadan bersama," kata Lukman di kantor Kemenag, Jakarta, Minggu 5 Mei 2019.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua MUI Abdullah Zaini, ia berharap ke depan semua kelompok dan organisasi Islam di Indonesia tidak lagi menjalankan puasa pada tanggal yang berbeda. 

"Akan kita pertahankan ke depan, upaya agar puasa diawali bersama-sama. Dan dalam menjalankan ibadah bisa bersama," ujarnya.

Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher Parasong menegaskan penetapan Ramadan secara bersama akan menjadi agenda resmi DPR ke depan. Hal ini penting untuk menjaga persatuan bangsa dan ukuwah Islamiah di Indonesia.

"Agenda Komisi VIII ke depan adalah kalender Hijriah bersama. Ini upaya kata membangun ukhuwah Islamiah. Mendorong Pemerintah menjaga persatuan dalam keberagaman," katanya.