Tahap II Ditutup, 1.549 Jemaah Tidak Melunasi Biaya Haji

Jemaah haji Indonesia.
Sumber :
  • Beno Junianto/VIVA.co.id

VIVA – Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1440H/2019M tahap II ditutup hari ini, Jumat sore, 10 Mei 2019.

"Masih ada 1.549 jemaah yang tidak melunasi biaya haji," kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama, Muhajirin Yanis di Jakarta, Jumat, 10 Mei 2019.

Menurut Muhajirin, kuota jemaah haji yang belum terlunasi ini akan diisi oleh jemaah yang telah melakukan pelunasan dengan status cadangan. Bersamaan pembukaan pelunasan tahap II, Kemenag juga memberi kesempatan kepada 10 ribu jemaah haji untuk melakukan pelunasan dengan status cadangan. 

Jemaah dengan status cadangan adalah mereka yang memiliki nomor porsi pada urutan selanjutnya. Mereka diberi kesempatan untuk melakukan pelunasan dengan catatan akan berangkat manakala masih ada sisa kuota haji 1440H saat penutupan pelunasan tahap II.

"Sampai sore ini, ada 5.355 jemaah yang melunasi BPIH dengan status cadangan. Jumlah ini sudah lebih banyak dibanding kuota haji yang belum terlunasi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Pendaftaran dan Pembatalan Haji Reguler, M Khanif menambahkan, jemaah yang paling banyak belum melakukan pelunasan BPIH dari Jawa Timur, jumlahnya mencapai 224 orang. 

Kemudian Jawa Barat 145 orang, DKI Jakarta 139 orang, dan Jawa Tengah 122 orang. Sedangkan provinsi dengan jumlah jemaah yang belum melunasi paling sedikit adalah Sulawesi Tenggara 4 orang, Papua 4 orang, dan Bangka Belitung 4 orang.