Imigrasi Sebut Prabowo Pergi Pulang ke Brunei di Hari yang Sama

Foto Prabowo Subianto pergi keluar negeri viral jelang penetapan KPU pada Rabu, 22 Mei 2019.
Sumber :
  • Ist

VIVA –  Pihak Direktorat Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) membenarkan informasi bahwa calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto bertolak ke Brunei Darussalam. Pihak Imigrasi menyebut Prabowo berangkat ke Brunei pada Kamis, 16 Mei kemarin.

"Pak Prabowo pergi ke Bandar Sri Begawan dari Halim Perdanakusuma pada 16 Mei 2019, naik pesawat pribadi beliau 9H-NYC Embraer 190-Lineage 1000." kata Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham Sam Fernando kepada VIVA, Sabtu, 18 Mei 2019.

Namun, Sam menyebut bahwa Prabowo kembali ke tanah air pada hari yang sama alias hanya menjalankan perjalanan pulang pergi.

"Arrived (kedatangan) pada hari dan tanggal yang sama pukul 20.12," ujar Sam.

Keterangan Sam mengonfirmasi juga kabar yang disampaikan Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak, yang mengatakan, "Melihat perkembangan, beliau ke Brunei.”  Namun Dahnil tak menjelaskan agenda Prabowo dan rombongannya di Brunei.

Dahnil sempat menyangkal bahwa Prabowo pergi ke luar negeri. Saat merespons kabar sebuah media daring yang memperlihatkan foto Prabowo seperti di sebuah ruangan besar bandara dan dikabarkan bahwa sang kandidat berada di luar negeri, Dahnil mengoreksi informasi itu.

“Siang tadi Pak @prabowo shalat jumat di Hambalang, dan sampai malam tadi beraktivitas di Kertanegara 4. Jadi, foto2 yg tersebar benar foto beliau ke LN, namun foto lama, jd adl fitnah apa yg disebar oleh situs penebar hoax sprt seword ini,” tulis Dahnil dalam akun Twitter-nya, @Dahnilanzar, Jumat malam.