Anak Tenggelam, Orangtua Sempat Abai Laporan Teman Main Korban

Siswa SD tenggelam di Sungai Cibau, pencarian dilakukan
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – Dimah Hayati (7), siswa SD yang sedang bermain bersama temannya di pinggir Sungai Cibau, Kabupaten Serang, Banten, terpeleset dan tenggelam. Waktu itu mereka bermain sembari menunggu waktu berbuka puasa

Pencarian di sungai sedalam tiga meter itu dilakukan tim gabungan dari Basarnas, Polri, TNI, perangkat desa dan masyarakat setempat di lokasi kejadian yang beralamat di Desa Beberan, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Banten.

"Kita mengecek, menyisir pinggir-pinggir, dan mengecek kedalaman (sungai) untuk esok hari," kata Putu, Kepala Tim Evakuasi Basarnas Banten, saat ditemui di lokasi kejadian, Minggu 19 Mei 2019.

Peristiwa nahas terjadi sekitar pukul 15.00 WIB sore kemarin ketika korban bermain dengan teman sebayanya di pinggir sungai.

Salah seorang teman korban sempat melaporkan kejadian tersebut ke orangtuanya, namun tidak langsung ditanggapi.

Hingga akhirnya orangtua korban mencari anaknya yang tak kunjung pulang pukul 17.00 WIB.

Keluarga korban mencari di pinggir sungai namun hanya menemukan pakaiannya saja yang tersangkut rumput. Keluarga pun segera melapor ke Polsek dan Danramil Ciruas.

"Informasi awal, korban bermain dengan temannya dan kepleset, (kemudian) tercebur," katanya.

Tim Basarnas berniat melakukan pencarian dengan teknik penyelaman, namun jarak pandang dalam air terbatas lantaran air yang sedang keruh sehabis dilakukan pengerukan sungai.

"Warga setempat sudah melakukan penyelaman tradisional. Informasi warga kedalaman (sungai) 2,5 sampai 3 meter. Kendalanya keruhnya air karena kali habis di normalisasi. Pencarian dilanjut esok hari," kata dia. (ren)