Sandiaga: Jadi Tidak Jadi, Oke Oce Tetap Hadir

Sandiaga Uno.
Sumber :
  • VIVA/ Rifki Arsilan.

VIVA - Calon Wakil Presiden nomor urut 02, yang juga pendiri atau founder Oke Oce, Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan, rencana menasionalkan gerakan Oke Oce akan tetap jalan, meskipun dia tidak terpilih menjadi wakil presiden periode 2019-2024.

"Jadi tidak jadi, insya Allah Oke Oce akan tetap hadir di seluruh Indonesia. Saat ini, sudah banyak cabangnya di seluruh Indonesia. Ini bukan soal politik, tetapi ini memang ikhtiar saya ingin membangun bangsa. Karena saya yakin sekali, potensi kekuatan UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) kita besar sekali," kata Sandiaga di hadapan ratusan emak-emak peserta training program Oke Oce di Kuningan, Jakarta Selatan, Senin 20 Mei 2019.

Ia menambahkan, saat ini, program Oke Oce sudah berjalan tidak hanya di DKI Jakarta saja. Menurut Sandi, program Oke Oce kini sudah bergerak dengan memberikan pelatihan berwirausaha di beberapa provinsi lainnya seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu meyakini antusias masyarakat di daerah saat ini, tengah semangat dalam membangun usaha UMKM. Hal itu, lanjut pria yang akrab dipanggil Sandi ini, disebabkan oleh lemahnya pertumbuhan ekonomi masyarakat di sektor riil. Sehingga, jumlah masyarakat yang semula berprofesi sebagai karyawan swasta, kini justru beralih ke wirausaha.

"Dan, Oke Oce memfasilitasi mereka (jadi pengusaha)," ujarnya.

Ia pun berharap, siapapun yang nantinya akan memimpin bangsa ini lima tahun mendatang, dia tetap memiliki pemahaman yang sama, yaitu membangun kekuatan ekonomi rakyat melalui penguatan UMKM.

"Alhamdulillah, kalau pemerintah nanti mau bergabung. Tapi kalau pemerintah tidak bergabung karena persoalan politik dan lain sebagainya itu, kita akan tetap jalan dan sudah dirasakan juga manfaatnya sekarang kan. Mudah-mudahan, begitu dilepas aspek politiknya, gerakan ini larinya jauh lebih kenceng," kata Sandi. (asp)