Polres Sukabumi Pulangkan 14 Pemuda yang Ingin Demo di Jakarta

Massa aksi demonstrasi di depan Bawaslu, Rabu, 22 Mei 2019.
Sumber :
  • VIVA/Eka Permadi

VIVA – Polres Sukabumi memulangkan 14 pemuda yang disinyalir akan ikut dalam aksi demonstrasi di Jakarta, ke masing-masing domisili. 14 pemuda ini kedapatan saat razia aparat petugas Selasa malam, 21 Mei 2019.

Mereka di antaranya ANA, L, MCAH, NA, SA, ER, HG, MJ, MI, LR, AS, A, B, dan MRR diputuskan untuk dipulangkan berdasarkan hasil pemeriksaan semalam di Mapolres Sukabumi. 

“Sudah dipulangkan, dikembalikan ke pihak pesantrennya melalui Kapolsek,” ujar Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi, saat dikonfirmasi, Rabu 22 Mei 2019.

Ke-14 pemuda ini berangkat ke Jakarta, menggunakan truk tronton dan kedapatan di kawasan Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi dalam operasi penyekatan mobilisasi massa ke Jakarta. 

“Dalam penggeledahan badan dan barang bawaan didapat selembar kertas warna putih yang bertuliskan kalimat,” katanya.

Dalam surat tersebut bertuliskan bahwa salah satu masa, yaitu MRR telah diwakafkan untuk agama dan negara. Hasil pemeriksaan, menurut Nasriadi, mereka terprovokasi.

Nasriadi menambahkan, imbauan ke masyarakat Sukabumi sudah dilakukan dengan intensif.

“Kita kunjungan dengan Bapak Kapolda ke pesantren-pesantren yang ada di Sukabumi, kemudian kita juga mendatangi majelis-majelis dan sekolah-sekolah untuk tidak ikut people power dan sebagainya. Kemudian, kita juga mengimbau agar lebih bagus bulan Ramadan ini diisi dengan ibadah, mengaji, dan sebagainya,” katanya. (asp)