Responsif Penanganan Korban, Kesigapan Gubernur Anies Diapresiasi

Gubernur DKI Anies Baswedan takziah ke korban kerusuhan Tanah Abang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adin Rachmani

VIVA – Gerak cepat Gubernur DKI Anies Baswedan yang peduli terhadap korban kerusuhan demo di Tanah Abang diapresiasi. Sebagai kepala daerah, Anies dinilai sigap untuk membantu menenangkan warga Ibu Kota terkait bentrokan.

"Sebagai gubernur, Anies harus peduli. Patut diapresiasi Anies sangat responsif membantu korban kerusuhan," kata pengamat sosial politik sekaligus dosen Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin kepada VIVA, Rabu, 22 Mei 2019.

Menurut Ujang, cara Anies seperti takziah hingga membesuk korban meninggal dan luka-luka memberikan contoh bahwa tugas pemimpin itu melayani masyarakat. Selain itu, kebijakan eks Mendikbud itu dengan menyiapkan jajaran petugas Pemprov DKI standby di titik lokasi tertentu juga sudah tepat.

"Tugas kepala daerah sebagai pemimpin itu harus melayani rakyat. Jika ada rakyat yang menjadi korban ya harus ditolong," ujar Ujang.

Baca: Gubernur Anies Takziah ke Korban Meninggal Kerusuhan Tanah Abang

Seperti diketahui, usai kerusuhan di Tanah Abang pada Rabu dini hari, 22 Mei 2019, Anies dan jajaran Pemprov DKI langsung menginspeksi beberapa titik. Anies menginstruksikan tim dari Ambulan Gawat Darurat (AGD) Dinas Kesehatan dan petugas kebersihan untuk standby di lokasi tertentu.

Anies juga sempat mengecek pelayanan Rumah Sakit terkait perawatan korban kerusahan seperti di RSUD Tarakan Jakarta. Ia juga membesuk beberapa korban kerusuhan. Pemprov DKI memastikan menanggung semua biaya para korban kerusuhan yang mendapat perawatan di rumah sakit.

Imbas dari kericuhan ini, enam orang meninggal dunia serta sedikitnya 200 orang luka-luka.