Halo
Pembaca

Berita

Bola

Ramadan

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 23 Mei 2019 | 15:21 WIB

14 Polisi Luka-luka Saat Hadapi Aksi 22 Mei di Jakarta

Team VIVA »
Dusep Malik
Bayu Nugraha
Foto :
  • VIVA.co.id/Syaefullah
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo.

VIVA – Sebanyak 14 anggota polisi alami luka saat melakukan pengamanan aksi yang berujung ricuh pada 22 Mei di Jakarta. 14 anggota tersebut rata-rata mengalami luka karena terkena lemparan benda dari para pendemo.

"Di Jakarta ada 14 anggota. Sebagian besar luka kena lemparan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 23 Mei 2019.

Baca Juga

Selain di Jakarta, Dedi menuturkan ada beberapa kejadian di wilayah lain yang membuat anggota menjadi korban. Di Pontianak, ada empat anggota terluka akibat lemparan batu dan senjata api rakitan. Dalam kejadian di Pontianak, dua pos lalu lintas dibakar oleh orang tak dikenal.

"Di wilayah Kalbar, Pontianak ada pembakaran dan pengrusakan dua pos lalu lintas. Sudah berhasil diamankan 38 hari pertama sedang dimintai keterangan. Hari ini tambahan lagi 18 yang diamankan," ujarnya.

Terpopuler

Selain aparat kepolisian, dalam peristiwa ini ada satu anggota dari Danramil juga mengalami luka.

Kejadian di wilayah lain yang memakan korban luka anggota adalah di wilayah Jawa Timur. Ada dua anggota terluka akibat kasus pembakaran Polsek Sampang.

"Total jadinya ada 20 anggota yang alami luka di kejadian seluruh wilayah pada 21 dan 22 Mei," ujarnya.

Peristiwa di wilayah lainnya yang terjadi yaitu di Sumatera Utara. Sebuah kendaraan roda empat mengalami pengerusakan. Di Papua, sebuah kantor polisi juga dibakar oleh warga sekitar.

Meskipun begitu, Dedi menuturkan kondisi keamanan nasional pada hari ini berjalan kondusif. Khusus di Jakarta, tidak ada kegiatan elemen masyarakat turun ke jalan atau unjuk rasa.

"Kemudian juga untuk depan kantor Bawaslu juga arus lalin sudah mulai dibuka namun masih terbatas," ujarnya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Agenda Sidang Sengketa Pilpres 2019
TVONE NEWS - 10 jam lalu
Terbaru