Cek Akhir Kesiapan Haji, Menag Terbang ke Arab Saudi

Menag Lukman Hakim Saifuddin bertolak ke Arab Saudi.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin hari ini bertolak ke Arab Saudi. Terbang dengan Maskapai Garuda Indonesia pukul 16.30 WIB, Menag akan berada di Saudi sepekan ke depan.

"Hari ini saya akan melakukan checking persiapan akhir haji 2019. Sebagaimana diketahui, tahun ini ada tambahan kuota 10 ribu, tentu ini mengalami sedikit penyesuaian terkait persiapan kita," terang Menag jelang keberangkatan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng,  Minggu (26/05).

"Penyesuaian persiapan itu terkait  hotel yang disewa, serta kesiapan layanan transportasi, konsumsi, termasuk pos kesehatan yang disiapkan selama musim haji," sambungnya.

Menag dijadwalkan akan berada di Saudi selama empat atau lima hari. Di Makkah, Menag rencananya akan melakukan simulasi layanan bus shalawat. Pengecekan layanan juga akan dilakukan di Madinah.

Sebelumnya, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis menjelaskan bahwa pihaknya telah menyelesaikan hampir seluruh persiapan layanan haji. Terbaru, telah dilakukan penandatanganan kontrak layanan katering di Arafah, Mina, dan Muzdalifah. Selain itu,  dilakukan juga penandatanganan kontrak pengangkutan bagasi jemaah.

"Persiapan haji sudah hampir 100%. Ini yang nanti akan dicek oleh Menag setibanya di Arab Saudi," jelas Sri Ilham.