Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Merak

Pemudik mulai datangi Pelabuhan Merak, Minggu, 26 Mei 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Yandhi Deslatama (Serang)

VIVA – Pemudik mulai mendatangi Pelabuhan Merak, di Kota Cilegon, Banten, pada H-10 Idul Fitri atau Minggu, 26 Mei 2019.

Pemudik mulai memenuhi gang way atau jembatan penyeberangan menuju kapal Roll On-Roll Off (RoRo), untuk menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Mereka mudik terlebih dahulu dengan berbagai alasan, salah satunya menghindari kemacetan dan antrean penumpang di Pelabuhan Merak.

"Ngindarin macet, kita juga kan udah keluarga. Berangkat dari Depok mau ke Lampung Tengah," kata Samsul Sulaiman, seorang warga, saat ditemui di jembatan penyebrangan atau gang way Dermaga 1, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Minggu, 26 Mei 2019.

Samsul memilih mudik duluan, selain menghindari macet, juga karena ingin bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung halamannya. "Emang sudah libur sekolah. Sudah selesai ulangan, langsung berangkat," ujarnya. 

Begitupun pemudik lainnya, Surya. Dia memilih mudik duluan dan malam hari, dengan alasan menghindari kemacetan jika pulang ke kampung halaman saat hari puncak.

Surya berangkat dari Depok, menggunakan kereta commuterline hingga Stasiun Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Stasiun Merak, menggunakan kereta ekonomi.

"Kalau (mudik) malam enak, ngehindarin panas juga. Naik kereta api dari Rangkasbitung (Lebak). (Pemudik kereta) sudah mulai ramai," kata Surya, di tempat yang sama, Minggu, 26 Mei 2019.