Golkar NTT: Tidak Perlu Ada Percepatan Munas, Fokus Pilkada 2020

Ilustrasi kampanye golkar
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

VIVA – Wacana Munas Golkar yang mengemuka agar dipercepat karena menurunnya prestasi Partai Beringin di Pemilu 2019 menuai respons. Elite Golkar pun memberikan tanggapan.

Ketua DPD Golkar NTT Emanuel Melkiades Laka Lena menegaskan munas belum perlu dipercepat demi kesolidan partai.

Melki menjelaskan, kesolidan partai mesti dijaga demi persiapan Pilkada serentak 2020. Maka itu, partai mesti fokus demi target positif di pilkada serentak gelombang empat, tahun depan.

"Artinya Partai Golkar saat ini fokus dalam pembahasan dan penentuan pimpinan di lembaga legislatif, persiapkan menuju pilkada serentak 2020 dan agenda organisasi plus kaderisasi, tidak perlu ada percepatan munas dan kembali pada periodesasi," kata Melki, Senin, 27 Mei 2019.

Dia menekankan, Golkar NTT sudah melaksanakan pleno untuk membahas hasil pilpres dan pileg 2019. Pleno ini melibatkan kepengurusan DPD Golkar NTT dengan Dewan Pertimbangan Golkar. Salah satu catatan pleno tersebut hasil pileg dan pilpres menjadi kesimpulan yang direkomendasikan untuk Pilkada 2020 dan Pilpres 2024.

Kemudian, kesimpulan lain yang menjadi catatan terkait konsolidasi internal Golkar yang memang perlu berkelanjutan. Hal ini mengingat pernah terbelahnya dua pengurus hingga berujung pergantian ketua umum beberapa kali sebelum dipimpin Airlangga Hartarto. "Periode terakhir dipimpin Airlangga Hartarto suasana mulai lebih kondusif," tuturnya.

Lalu, ia menyinggung pencapaian Golkar di Pileg 2019 yang sebenarnya sudah maksimal dan cukup positif. Misalnya, terkait Pilpres 2019, untuk pertama kalinya Golkar menang dalam dukungan capres sejak era Reformasi.

"Semua potensi Golkar solid bergerak di lapangan baik pengurus dan para caleg serta para senior," tuturnya.

Kemudian, ia mengingatkan perjuangan Golkar di era Airlangga juga tak mudah untuk menyolidkan internal. Dengan prestasi ini diharapkan tak perlu munas dipercepat. "Masa kepemimpinan Airlangga Hartarto bisa merangkul dan menggerakkan berbagai pihak," jelasnya.