Dampak One Way, Pantura Cirebon Menuju Jakarta Macet

Kepadatan kendaraan di kawasan Pantura Cirebon, Jawa Barat.
Sumber :

VIVA – Kepadatan kendaraan di jalur mudik terjadi di kawasan Arteri Pantura, Cirebon, yang menuju Jakarta pada Jumat 31 Mei 2019. Kepadatan pada beberapa titik sudah terjadi sejak pagi hari.

Kepadatan di kawasan Cirebon menuju Jakarta terjadi karena dampak dari penetapan sistem satu arah atau one way dari Tol Cikampek hingga kawasan Brebes.

Sistem satu arah ini sudah berlaku sejak Kamis, 30 Mei 2019, dan akan berakhir pada 2 Juni 2019. Karena itu, kepadatan kendaraan dari Jawa Tengah tidak dapat dihindari.

Dari pantauan, kecepatan kendaraan yang melintas di kawasan Cirebon hanya mencapai 20 kilometer per jam. Meski ada beberapa pengalihan jalur, tapi kepadatan kendaraan tetap tidak dapat dihindari.

"Ada lima titik macet pas masuk Cirebon," kata Edi, sopir truk sembako yang akan menuju Jakarta.

Berdasarkan informasi yang dikeluarkan Sat Lantas Polda Jabar, pengaturan lalu lintas dilakukan untuk mengurai kepadatan kendaraan akibat penutupan tol bagi kendaraan yang akan menuju Jakarta.

Kendaraan dari Jawa Tengah yang menuju Jakarta akan dialihkan ke kawasan Pegambiran dan Krucuk. Kendaraan yang menuju Palimanan akan diarahkan ke kawasan Gunungjati.

Kendaraan baru akan kembali masuk jalur arteri Pantura di kawasan Krangkeng, Kabupaten Indramayu. Pengalihan juga dilakukan bagi kendaraan dari arah Kuningan yang akan menuju Cirebon.