Dampak BBM Langka di Tol Lampung, Pertamina Pindahkan SPBU Modular

Mobile storage dispenser BBM di Terminal BBM Panjang.
Sumber :
  • VIVA/Ardian

VIVA – Jalan tol trans-Sumatera, mulai dari Bakauheni hingga Terbanggi Besar dan tol fungsional Terbanggi Besar hingga Kayu Agung menjadi primadona bagi pemudik Lebaran 2019. Jumlah kendaraan yang melintas di jalan itu meningkat dari hari biasanya sejak Rabu lalu.

Namun, kepadatan kendaraan tidak diimbangi stok bahan bakar minyak (BBM) di jalur tol itu. Beredar informasi bahwa terjadi kelangkaan BBM di ruas tol trans-Sumatera, terutama di Mesuji dan Tulang Bawang.

Pertamina segera merespons informasi itu dengan menyesuaikan lokasi-lokasi SPBU Modular, Kios Pertamina Siaga, dan penambahan stok BBM di SPBU Reguler di jalur lintas Sumatera.

Pertamina memindahkan dan menambah SPBU Modular dari ASDP Bakauheni ke Kilometer 163A dan Kilometer 208A. Sebab, belakangan diketahui bahwa ternyata pemudik cenderung langsung menuju tol setelah keluar dari kapal feri.

“Tetapi, tidak perlu khawatir. Saat ini, di ASDP Bakauheni tetap kami siapkan Kios Pertamina Siaga untuk melayani pemudik,” kata General Manager Pertamina Marketing Operation Region II Sumatera Bagian Selatan, Primarini, pada Jumat 31 Mei 2019.

Primarini memastikan juga di jalur lintas Sumatera kesediaan BBM selalu aman. Berdasarkan pantauan, titik keluar yang padat pemudik di daerah Terbanggi Besar, Lampung Tengah, dan Tulang Bawang, Lampung. Jika keluar di Gerbang tol Terbanggi Besar, SPBU terdekat berada di SPBU 24.341.08.

Pertamina menggerakkan mobil dispenser di SPBU itu dengan stok Premium sebanyak 16 kilo liter dan Pertamax 8 kilo liter. Untuk wilayah Tulang Bawang melalui keluar tol Terbanggi Besar juga ada SPBU 24.345.114. Pertamina menyiapkan mobil dispenser dengan produk Pertamax sebanyak 16 kilo liter.

Tim Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri, juga terus memantau kebutuhan BBM di sepanjang ruas tol dan jalur lintas Sumatera yang menjadi pilihan pemudik. Lima belas unit motoris di jalur utama mudik Lampung siaga mengantarkan BBM jika terjadi kemacetan.

“Pemudik yang butuh informasi mengenai ketersediaan BBM dan layanan motoris bisa menghubungi Call Center 135 dan melengkapi informasi sebelum motoris bisa melayani Anda. Semoga dengan seluruh antisipasi ini, Pertamina bisa memenuhi kebutuhan pemudik selama di perjalanan,” katanya. (asp)