Mudik Gaya Baru, Naik Pesawat Hercules dan CN295 Milik TNI

Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna
Sumber :
  • VIVA / Ridho Permana

VIVA – Jelang lebaran Idul Fitri 1440 H, beberapa masyarakat sudah mulai mudik ke kampung halaman masing-masing. Ada juga yang menggelar mudik bersama.

Mudik bersama bukan hanya dilakukan masyarakat, namun juga dilakukan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Tahun ini TNI AU juga menggelar acara mudik bersama, pelepasan dilakukan di Lanud Halim Perdanakusuma.

Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengatakan, untuk kuota mudik bersama TNI bersama keluarga tahun ini secara keseluruhan berjumlah 8.000 orang di seluruh Indonesia secara bertahap, baik anggota dan keluarganya. Ia berharap fasilitas mudik bersama bisa digunakan semaksimal mungkin.  

"Selamat kepada seluruh anggota TNI, selamat berlebaran dan bertemu keluarga. Memang fasilitas kami setiap tahun digunakan untuk mudik para anggota baik itu militer, PNS termasuk keluarganya, saya berharap fasilitas dan kesempatan ini digunakan semaksimal mungkin sehingga anggota dan keluarganya bisa mudik dengan tertib," kata Yuyu di hadapan ratusan anggota TNI dan keluarga di Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu 1 Juni 2019.

"Saya harap juga agar tidak berebut, karena semuanya akan kami angkut, namun demikian tidak bisa diangkut dalam satu hari, bergiliran dan mungkin ada yang kebagian hari ini atau besok," tambahnya.

Yuyu berharap, para prajurit yang berlibur di kampung halaman kembali dalam semangat baru. Tak lupa ia meminta semua pemudik menjaga kesehatan.

"Pergunakanlah kesempatan mudik ini untuk berkumpul dengan keluarga dan juga melakukan liburan sekaligus merayakan Idul Fitri," katanya.

Adapun pesawat yang digunakan untuk mudik 2019 antara lain C130 Hercules, Boeing B737, dan CN295 Kalong. Hari ini terlihat dua pesawat untuk dua tujuan Malang dan Yogyakarta.