Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 3 Juni 2019 | 11:49 WIB

Selama Ramadan, Jumlah Penumpang LRT Palembang Meningkat

Team VIVA »
Lis Yuliawati
Sadam Maulana (Palembang)
Foto :
  • VIVA.co.id/ Sadam Maulaua (Palembang)
Suasana di dalam LRT Palembang, Sumatera Selatan, Senin, 3 Juni 2019.

VIVA – Jumlah penumpang kereta Light Rail Transit atau LRT Palembang, Sumatera Selatan, meningkat signifikan selama Ramadan. LRT menjadi salah satu moda transportasi yang cukup diminati masyarakat.

Dari data terakhir PT Kereta Api Indonesia (KAI), setidaknya ada 118.635 penumpang yang sudah diangkut LRT. Angka ini terbilang cukup tinggi, dibandingkan hari biasa sebelum Ramadan.

Baca Juga

"Selama Ramadan, jumlah penumpang LRT ada peningkatan. Apalagi dalam sepuluh hari terakhir Ramadan, cukup banyak masyarakat yang naik LRT," ujar Manager Humas PT KAI Divisi Regional III Palembang, Aida Suryanti, Senin 3 Juni 2019.

Aida mengungkapkan, rata-rata penumpang LRT ada di kisaran 4.000 hingga 5.000 penumpang per hari. Sementara itu, untuk stasiun yang paling banyak naik turun penumpang, yaitu di Stasiun DJKA, Ampera, Bumi Sriwijaya, dan Bandara SMB II.

Terpopuler

Menurut Aida, salah satu faktor pemicu meningkatnya jumlah penumpang LRT ialah terjadinya kemacetan di jalan raya dalam satu pekan terakhir. Volume kendaraan meningkat, karena banyak masyarakat yang beraktivitas di luar rumah, untuk mempersiapkan kebutuhan hari raya Idul Fitri.

Di samping itu, kata Aida, rute LRT yang strategis menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II juga menjadi penyebabnya. Masyarakat yang ingin mudik, terutama yang akan naik pesawat ke Bandara, lebih memilih naik LRT.

Selain praktis, masyarakat beralih menggunakan LRT karena merupakan transportasi yang aman, bebas macet, dan harga tiket yang cukup terjangkau.

"Kalau secara total, dari awal operasi pada 23 Juli 2018 sampai 1 Juni 2019, LRT sudah mengangkut 1.683.318 penumpang. Kita optimis, ke depannya LRT akan menjadi bagian penting sistem transportasi publik di Palembang," ujar Aida. (asp)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah Ditetapkan Rabu 5 Juni 2019
TVONE NEWS - 5 bulan lalu