Istiqlal Bersiap Meski Jokowi Dikabarkan Salat Id di Masjid Kampung

Presiden Joko Widodo Salat Id di Kebun Raya Bogor 15 Juni 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

VIVA – Kepala Humas dan Protokol Mesjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam menyatakan, pihaknya tetap mempersiapkan fasilitas keamanan dan pengamanan mengantisipasi kehadiran rombongan Presiden Joko Widodo dalam pelaksanaan salat Idul Fitri atau Salat Id pada Rabu 5 Juni 2019.

"Jadi sampai saat ini kami masih statusnya di suruh siap-siap saja, kalau kepastian kedatangannya itu masih belum pasti ya," kata Abu Hurairah Abdul Salam di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa 4 Juni 2019.

Ia menambahkan, siang tadi dirinya juga sudah menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah pihak, diantaranya pihak pengamanan presiden, Kementerian Agama, Kepolisian, TNI, Dinas Kebersihan, dan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.

"Tadi ceking terakhir kami dengan beberapa instansi ada unsur keamanan, unsur Paspampres, dari Dinas Perhubungan, Dinas Kebersihan, itu belum ada berita 100 persen bapak Presiden untuk salat di sini, tetapi kami diimbau  tetap melakukan persiapan kalau nanti tiba-tiba atau bagaimana, kami sudah siap," ujarnya.

Lebih jauh ia jelaskan, acara malam takbiran di Mesjid Istiqlal pun nanti malam akan dilakukan sampai pukul 24.00 WIB. Setelah pukul 24.00 WIB, lanjut Abu, pihak Pengamanan Presiden atau Paspampres akan melakukan sterilisasi area di sekitar ruang utama Mesjid Istiqlal.

"Setelah pukul 12 malam nanti pasukan keamanan Presiden akan mensterilkan semuanya. Jadi jamaah nanti kita minta keluar dulu, baru nanti menjelang salat subuh kita suruh masuk lagi. Terus dilanjut sampai jam 7 pagi, karena kita akan salat Ied tepat pukul 7 pagi," paparnya.

"Mengenai kepastian hadir atau tidaknya itu, kami sudah biasa memang mempersiapkan itu semua. Yang jelaskan salat Id kenegaraan dilakukan di sini, jadi segala sesuatunya itu tetap dipersiapkan seperti Presiden salat di sini. Walaupun beliau tidak datang, kita juga mempersiapkannya tetap sama seperti ini," jelasnya.